Akan Ada Empat JPO Sepanjang Jalan Raya Margonda

Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) yang Menghubungkan Depok Town Square dengan Margo City

Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) yang Menghubungkan Depok Town Square dengan Margo City

Sobat semua, tentunya sobat tahu atau pernah melintas di kota Depok. Kota di Jawa Barat yang cukup terkenal, salah satunya karena merupakan kota asal penyanyi dangdut yang populer disapa Ayu Tingting 😀 . Salah satu jalan yang menghubungkan kota Depok dengan Jakarta adalah jalan raya Margonda. Setiap hari ribuan kendaraan melintas di jalan raya Margonda, mulai dini hari hingga larut malam. Kendaraan yang melintas pun berbagai macam, mulai motor, angkot, mobil-mobil pribadi, bus besar dan kecil, kendaraan niaga roda tiga, hingga truk. Bahkan RiderAlit kadang menjumpai pengendara sepeda gowes melintas di jalan ini.

Gedung-gedung yang berdiri di sepanjang tepi jalan raya Margonda pun berbagai macam. Ada ruko, pusat perbelanjaan atau mall, kantor-kantor, restoran atau cafe, apartemen, universitas, showroom kendaraan bermotor, dan lain sebagainya. Tidak heran jalan raya Margonda merupakan pusat bisnis di kota Depok yang banyak disinggahi. Orang-orang di kota Depok dan dari luar Depok banyak yang beraktivitas atau sekedar melintas di sepanjang jalan raya Margonda. Hal ini menjadikan lalu lintas di sepanjang jalan Margonda sangat ramai, bahkan sesekali menimbulkan kemacetan di beberapa titik jalan.

Sobat yang sering melintas di jalan raya Margonda tentu sering melihat betapa banyaknya orang kesulitan ketika akan menyeberangi jalan ini. Ramainya kendaraan yang melaju dengan kecepatan tinggi ditambah dengan supir angkutan yang menepi seenaknya membuat pejalan kaki yang akan menyeberangi jalan agak ketakutan. Lengah sedikit bisa-bisa ditabrak motor, mobil atau kendaraan lain yang melintas. Itulah sebabnya banyak polisi tidur (speed trap) di sepanjang jalan raya Margonda. Tapi polisi tidur ini tidak efektif dalam menahan laju kendaraan yang melintas. Walapun ada juga beberapa kendaraan yang memperlambat lajunya saat akan melintasi speed trap, hal ini cuma sedikit membantu pejalan kaki yang akan menyeberang.

Oleh karena itu, sudah suatu kewajiban bagi pemerintah kota Depok dalam memberikan prasarana yang layak bagi warganya dalam hal kenyamanan di jalan raya. Dengan menambah dua Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) diharapkan dapat memberikan kenyamanan bagi warga Depok dan sekitarnya yang beraktivitas di sepanjang jalan raya Margonda. Bisa dibayangkan betapa sulit dan ngerinya menyeberangi jalan di tengah arus lalu lintas yang sangat ramai. Hal ini juga membantu pengendara kendaraan bermotor saat melintas karena tetap bisa berkonsentrasi berkendara, khususnya saat malam hari.

Dahulu cuma ada dua JPO, yaitu JPO yang menghubungkan terminal Depok Baru dengan Plaza Depok dan JPO yang menghubungkan Detos (Depok Town Square) dengan Margo City. Saat ini sedang ada pembangunan dua JPO baru, yaitu JPO di depan Kantor Walikota Depok yang berseberangan dengan Bank BJB dan JPO yang masih dalam tahap awal pembangunan di ruko-ruko dekat Gang Kober, berdekatan dengan jalan masuk stasiun Universitas Indonesia (UI). Sedangkan JPO yang sedang dibangun yang menghubungkan terminal Depok Baru dengan Plaza Depok merupakan perbaikan dari JPO yang sebelumnya sudah ada namun terabaikan.

RiderAlit perhatikan pembangunan JPO ini sudah dimulai sejak pertengahan Oktober. Beberapa bulan sebelumnya Dinas Kebersihan dan Pertamanan kota Depok bekerja sama dengan Dishub juga sibuk membongkar median jalan yang lama mulai dari Jalan Kartini agar bisa ditanami dengan tanaman hijau. Semoga segala perbaikan ini bisa membuat kota Depok menjadi lebih indah, nyaman dan aman. Untuk warga Depok dan sekitarnya pun dihimbau agar menggunakan JPO saat akan menyeberangi jalan raya Margonda, jika lokasi anda menyeberang berdekatan dengan JPO. Tidak perlu nekat menyeberangi jalan padahal di dekat anda ada JPO. Serta bagi Satpol PP dan kepolisian kota Depok agar ikut menjaga ketertiban dan keamanan di setiap JPO. Agar tidak ada preman-preman yang meresahkan pengguna JPO nantinya.

Selamat berakhir pekan, salam hangat dari kota hujan 🙂 .

JPO di depan Kantor Walikota Depok dan berseberangan dengan Bank BJB masih dalam tahap pembangunan.

JPO di depan Kantor Walikota Depok dan berseberangan dengan Bank BJB masih dalam tahap pembangunan.

Suasana malam hari JPO di depan Bank BJB yang masih dalam tahap pembangunan.

Suasana malam hari JPO di depan Bank BJB yang masih dalam tahap pembangunan.

JPO di depan terminal Depok Baru berseberangan dengan Plaza Depok masih dalam tahap pembangunan.

JPO di depan terminal Depok Baru berseberangan dengan Plaza Depok masih dalam tahap pembangunan.

JPO yang menghubungkan Detos dengan Margo City. U-turn disini sering menimbulkan kemacetan.

JPO yang menghubungkan Detos dengan Margo City. U-turn disini sering menimbulkan kemacetan.

JPO yang masih “peletakan batu pertama” di dekat Gang Kober atau jalan masuk stasiun UI.

Posted from WordPress for BlackBerry.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s