Cadangan Itu Perlu

BB lawas kesayangan RiderAlit. Teman “nge-blog” sehari-hari.

Minggu sore kemarin adalah hari yang menjengkelkan buat RiderAlit. Niat menginstalasi sebuah program untuk mengubah ID3 tag dalam koleksi MP3 di BB ternyata malah membuat BB jadi “hang”. Setelah di-download dari BlackBerry World kemudian dijalankan, sang aplikasi malah mengunci semua tombol keypad dan trackpad dan hanya menampilkan pesan “Loading” ditengah layar. Coba mematikan dan menghidupkan dengan menekan tombol On/Off tidak berhasil. Solusi dengan me-reset (cabut dan pasang kembali baterai) juga tidak bisa. Setelah home screen muncul, pesan “Loading” tetap mengunci tombol. Ternyata me-reset tidak membuat aplikasi yang bandel terhapus.

Karena kesal me-reset beberapa kali juga tidak membuahkan hasil, akhirnya RiderAlit membiarkan baterainya habis sendiri. Setelah baterainya habis, SIM card RiderAlit pindahkan ke handphone lawas. Dalam basis pengetahuan RiderAlit, kalau tidak bisa di-reset atau di-wipe dari BB langsung, berarti harus menggunakan BlackBerry Desktop dari PC. Download, instal di PC lalu wipe aplikasinya. Tapi berhubung BB yang digunakan untuk modem portabel justru yang bermasalah berarti tidak bisa men-download! Skenario paling jeleknya mendatangi service center BB di ITC Depok. Paling-paling sediakan saja uang senilai lima liter Pertamax untuk jasa servis.

Sampai senin siang, karena masih penasaran, RiderAlit coba mencari trik-trik untuk “mengakali” BB agar bisa digunakan. Hasil penelusuran menggunakan Opera Mini di handphone lawas ternyata mengatakan BB memiliki “safe mode”. Dalam safe mode, tidak semua aplikasi pihak ketiga dijalankan langsung saat BB aktif. Caranya adalah cabut dan pasang kembali baterai BB, lalu sebelum LED merah padam tekan terus tombol Escape (tanda panah) sampai BB aktif dan muncul dialog konfirmasi safe mode. Pilih OK dan akhirnya RiderAlit masuk ke menu Options lalu menghapus aplikasi bandel tersebut. Setelah dihapus, BB di-reset kembali. Alhamdulillah setelah di-reset BB kembali normal. Selamatlah uang senilai lima liter Pertamax itu, heuheu… 😀 .

Samsung Champ lawas, handphone cadangan yang cukup membantu RiderAlit.

Samsung Champ lawas, handphone cadangan yang cukup membantu RiderAlit.

Ternyata tidak hanya PC (Windows/Linux), handphone BB ternyata juga ada safe mode-nya. Ya, ini semacam sistem cadangan jika sistem utama mengalami mal fungsi. Tapi untungnya RiderAlit juga punya handphone cadangan sehingga bisa digunakan untuk mencari tahu informasi tersebut.

Kalau pada sepeda motor, jika electric starter tidak berfungsi karena aki drop, untuk menghidupkan mesin masih bisa menggunakan kick starter. Karena itulah cadangan perlu. Pada kondisi normal cadangan mungkin bisa diabaikan. Tapi menjadi berkah saat kemalangan menimpa.

Bonus gambar karena sudah mau repot-repot membaca keluh-kesah RiderAlit. Kiriman seorang teman di laman Facebook. Sepertinya ini foto lembar jawaban ujian seorang siswa SD kelas 1. Mohon maaf jika “bonusnya” tidak “bening” 😀 .

Alih-alih menggambar segitiga sama kaki, siswa tersebut malah menggambar segitiga dan kaki :-D .

Alih-alih menggambar segitiga sama kaki, siswa tersebut malah menggambar segitiga dan kaki 😀 .

Posted from WordPress for BlackBerry.

Iklan

6 thoughts on “Cadangan Itu Perlu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s