Setelah CCTV Dan Satpam, Masih Perlu Pengaman Tambahan?

Network DVR dan Monitor Pemantau CCTV

Network DVR dan Monitor Pemantau CCTV

Ini pengalaman sehari-hari RiderAlit saat memarkirkan sepeda motor. Kebanyakan lapangan parkir saat ini melengkapi pengamanan berlapis. Masuk lapangan parkir harus mengambil tiket dan keluarnya wajib menunjukan tiket plus STNK. Selain itu biasanya lapangan parkirnya sudah dilengkapi dengan kamera pengawas atau CCTV. Para pemotor juga biasanya mengunci stang sepeda motornya. Namun, ada kalanya stang motor tidak dikunci. Penyebabnya biasanya karena lapangan parkir penuh. Stang tidak perlu dikunci agar memudahkan petugas parkir mengatur motor yang diparkir dan motor yang keluar-masuk. Itu kalau di mall atau pusat perbelanjaan besar. Kalau dikantor-kantor bagaimana? Biasanya cuma ada CCTV dan Satpam saja. STNK bisa diakali dengan selembar uang ribuan 😀 .

Pertanyaannya, apakah dengan pengawasan satpam dan pantauan CCTV sudah cukup aman? Pengawas CCTV biasanya tidak selalu stand-by “melototin” monitor pemantau. Satpam juga bisa saja lengah. Ketika motor sudah dibawa kabur maling, paling-paling yang ada cuma bukti rekaman CCTV. Kalau ternyata sepeda motor sedang dibutuhkan kemudian hilang dan tidak ada angkutan lain bagaimana? Rekaman CCTV tidak bisa membuat sepeda motornya kembali saat itu juga. Satpam juga paling cuma bisa menenangkan hati korban. Motor? Ya, sudah tentu hilang “blas” tidak kembali saat itu juga.

Gembok Cakram

Gembok cakram tidak pernah lupa dipasang, khususnya saat lapangan parkir sepi. Ikhtiar menjaga keamanan sepeda motor. Karena menjaga lebih baik daripada membeli yang baru 🙂 .

Terus terang, RiderAlit selalu mengunci stang dan kunci shock atau menggembok cakram sepeda motor kalau sedang parkir dikantor-kantor. Apalagi kalau lapangan parkirnya sepi, tidak pernah kunci shock atau gembok cakram dibiarkan terbuka. Mencegah terjadinya hal yang tidak diinginkan. Kalau lapangan pakirnya sedang penuh bagaimana? Ya minimal stang tetap dikunci. Kalau ada petugas yang menganjurkan agar jangan dikunci ya biarkan saja. Toh, untuk menggeser sepeda motor bebek kecil tidak terlalu repot. Selain itu RiderAlit selalu memilih posisi parkir di pojok, di tempat yang kondisinya tidak mengganggu sepeda motor yang keluar-masuk. Kalau sepeda motornya hilang memang satpam atau petinggi di kantor tersebut mau mengganti?

Stay tuned dan salam hangat dari kota hujan 😀 .

Iklan

12 thoughts on “Setelah CCTV Dan Satpam, Masih Perlu Pengaman Tambahan?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s