Unboxing Taff Quick Power MP5

Power Bank

Kardus Kemasan Taff Quick Power MP5

Sejak banyak aplikasi terinstal di BB, RiderAlit merasakan kalau baterainya jadi lebih cepat habis. Apa lagi saat aktif di jaringan 3G, kira-kira BB hanya bisa bertahan empat jam dalam mode standby. Hal ini menyulitkan jika BB sedang dibawa jalan-jalan dan digunakan untuk berkomunikasi, memotret dan mendengarkan lagu. Terus terang, selama ini jika melakukan perjalanan jauh RiderAlit membawa dua handset, Si Aspen dan si Amstrong. Si Aspen bisa diandalkan karena baterainya tahan lama walau digunakan di network 3G. Walau kameranya agak lambat saat digunakan untuk meng-capture gambar, tapi sudah dilengkapi dengan fitur geo-tagging dan sudah pre-installed Google Maps. Sedangkan Si Amstrong memang handal untuk urusan komunikasi, plus kemampuan kameranya yang cepat dan detail saat meng-capture gambar serta dilengkapi pula dengan fitur geo-tagging. Tapi ada satu hal yang sangat mengganggu, yaitu tidak terinstal Google Maps. Imho, fitur peta dari BB kurang handal menurut RiderAlit.

So, RiderAlit memutuskan membeli sebuah power bank agar tidak jadi fakir listrik saat melakukan perjalanan. Power bank yang RiderAlit gunakan adalah Taff Quick Power MP5 keluaran Taffware. Power bank ini berkapasitas 5200 mAh (milli Ampere hour). Petunjuk pemakaian yang disertakan dalam kemasannya menggunakan Bahasa Indonesia. Pada kemasannya tertulis power bank ini memiliki fitur over charge protection dan over discharge protection. Over charge protection maksudnya power bank ini akan otomatis memutuskan arus listrik dari sumber arus jika daya di dalamnya sudah penuh saat proses pengisian. Sedangkan over discharge protection maksudnya power bank ini akan otomatis menghentikan arus listrik saat digunakan untuk mengisi daya handset yang terhubung melalui kabel konektornya jika daya pada handset sudah penuh. Fitur yang sangat berguna. Pada kemasannya juga tertera arus listrik input yang digunakan adalah arus DC 5 volt dengan kuat arus 1 Ampere. Artinya apa? Artinya untuk pengisian daya ke power bank ini dibutuhkan sebuah adaptor atau charger dengan spesifikasi output seperti yang disebutkan. Konektor untuk pengisian dayanya sendiri menggunakan konektor mikro USB yang umumnya disediakan oleh handset modern yang beredar saat ini.

Petunjuk Pemakaian Power Bank

Petunjuk pemakaian yang disediakan dalam kemasan Taff Quick Power MP5.

Konektor USB pada Power Bank

Konektor USB yang digunakan untuk menghubungkan handset dengan Taff Quick Power MP5.

Konektor Mikro USB

Konektor mikro USB pada Taff Quick Power MP5 yang digunakan untuk proses charge dan discharge.

Untuk outputnya sendiri, yang tertera pada kemasan adalah arus DC 5 volt dengan kuat arus juga 1 Ampere. Sedangkan konektor yang disediakan untuk output listrik ke handset bermacam-macam. Pada kemasannya sendiri tertera handset yang bisa diisi ulang dengan power bank ini adalah handset keluaran Apple (iPad dan iPhone), Samsung (Galaxy Tab dan handset Galaxy series lainnya), BlackBerry dan handset Nokia yang menggunakan konektor yang kecil seperti jarum. Tapi tentu saja power bank ini bisa digunakan untuk mengisi daya handset yang lain asalkan spesifikasi input handset tersebut sesuai dengan output power bank ini dan konektor yang digunakan sesuai dengan konektor yang disediakan.

Konektor Power Bank

Beberapa konektor yang disediakan oleh Taff Quick Power MP5 selain kabel USB-nya sendiri. Konektor yang lebar adalah konektor untuk iPad dan Galaxy Tab, yang berukuran agak sedang adalah konektor mikro USB dan mini USB. Sedangkan yang bulat kecil adalah konektor untuk handphone Nokia lawas.

Lama pengisian daya dari sumber arus listrik PLN ke power bank ini sendiri berdasarkan petunjuk yang tertera pada kemasan adalah lima sampai enam jam. Saat RiderAlit coba, power bank ini di-charge kira-kira jam sebelas malam kemudian indikator pengisian dayanya mati saat RiderAlit bangun kira-kira jam lima pagi keesokan harinya. Pada power bank ini ada empat LED yang menunjukan proses charge dan discharge yang mengindikasikan proses pengisian daya ke power bank dan ke handset.

Berdasarkan petunjuk pemakaiannya, jika empat LED menyala berarti daya yang tersimpan sekitar 100% s.d 75%. Jika tiga LED yang menyala berarti 75% s.d 50%, jika dua LED berarti 50% s.d 25%. Jika satu LED saja berarti daya yang tersimpan kurang dari 25%, sedangkan jika hanya satu LED menyala dan berkedip-kedip berarti hanya ada sedikit daya dan sebaiknya segera diisi ulang. Saat digunakan untuk men-charge handset, kita harus menekan tombol yang ada pada bagian atas LED agar proses pengisian daya ke handset berjalan.

Lampu LED Power Bank

Lampu LED indikator pada Taff Quick Power MP5.

Proses Pengisian Daya

Proses pengisian daya Taff Quick Power MP5 ke Si Amstrong. LED indikatornya akan bergantian menyala.

Selain bisa digunakan untuk mengisi daya, Taff Quick Power MP5 juga bisa digunakan sebagai senter. Sangat berguna jika suatu saat listrik PLN padam atau pada saat kita berjalan ditengah gelapnya malam 😀 .

Lampu Senter pada Power Bank

Lampu senter pada Taff Quick Power MP5 saat sedang beraksi.

Menurut RiderAlit pribadi, harga yang ditawarkan cukup layak untuk kemampuan yang ada power bank ini. Harga power bank ini dipasaran berkisar dari seratus enam puluh ribu rupiah sampai seratus delapan puluh ribu rupiah. Well, karena RiderAlit membelinya dari seorang sahabat yang kebetulan reseller produk ini, jadi RiderAlit mendapatkan harga yang cukup bersahabat juga 😀 .

Bonus foto Bro Diaz sang reseller dan Bro Panca 😀 .

Panca dan Diaz

Penampakan Bro Panca (kiri) dan Bro Diaz (kanan) 😀 .

Kalau ada sobat yang pernah menggunakan produk power bank lain, silahkan share pengalamannya di kolom komentar. Selamat beraktivitas, salam hangat dari kota hujan.

Iklan

2 thoughts on “Unboxing Taff Quick Power MP5

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s