DIY: Ganti Cairan Minyak Rem

Tabung Brake Fluid

Tabung brake fluid (minyak rem) Si Sepira saat dibuka.

Saat berangkat kerja tadi pagi RiderAlit sempat dibuat bingung oleh tuas rem depan Si Sepira. Kemarin ditunggangi saat pulang kerja rem depan rasanya normal-normal saja. Tidak perlu menarik tuas dalam-dalam, rem sudah bekerja memperlambat laju Si Sepira. Tapi tadi pagi saat diajak berangkat kerja, walau sudah ditarik dalam-dalam tuas rem depannya, rem tidak juga berfungsi. Blong!

Akhirnya RiderAlit memacu Si Sepira pelan-pelan sambil berpikir kira-kira apa penyebabnya. Sampai di Sukahati, karena penasaran, RiderAlit tarik tuas rem dalam-dalam dengan tiga jari sampai tuasnya menyentuh grip stang kanan. Ban depan sempat skid, tapi tidak sampai oleng. Ada dua hal yang RiderAlit takutkan, kampas rem sudah tipis atau minyak remnya kering. Kemungkinan pertama agak mustahil, karena kampas rem belum lama diganti (catatannya ada disini: klik).

Sesampainya di Pondok Rajeg, RiderAlit menyempatkan diri untuk mampir ke sebuah toko spare part. Walau mungkin jam kerja sudah telat, tapi RiderAlit tetap memutuskan untuk mencoba memeriksa rem depan. Well, terlalu beresiko riding dengan rem blong ditengah kencangnya arus lalu lintas Jalan Raya Margonda. Dan saat si empunya toko membuka tabung minyak rem depan ketahuan deh penyebab rem depan jadi blong. Ternyata tabung minyak remnya kering kerontang. Jujur, RiderAlit tidak pernah memperhatikan indikator brake fluid yang ada di tabung rem karena kaca indikatornya terhalang cover dashboard dan sudah kusam juga. Maklum, motor sudah tujuh tahun mondar-mandir 😀 .

Akhirnya sang empunya toko menuangkan sedikit minyak rem bekas dari tabung rem bekas yang dia jual, karena memang dia tidak menjual brake fluid. Sambil memperhatikan dia menuangkan minyak rem, RiderAlit menarik-narik tuas rem. Benar saja, ternyata setelah dituang, banyak minyak rem yang turun dan tuasnya tidak bisa ditarik dalam-dalam lagi. Si empunya toko mencoba memutar-mutar ban depan (posisi Si Sepira di standar tengah) dan RiderAlit menarik tuas remnya. Josss! Rem depan normal kembali. Pakem lagi, bro! RiderAlit pun berterima kasih sambil menyisipkan selembar lima ribuan kemudian melanjutkan perjalanan.

Tabung Brake Fluid

Tabung brake fluid (minyak rem) Si Sepira saat tersisa sedikit cairan brake fluid sebelum diisi ulang.

Saat pulang kerja RiderAlit sempatkan mampir ke bengkel motor di pinggir Jalan Pasar Lama untuk membeli brake fluid standar DOT4, sesuai saran di tutup tabung. Sang empunya bengkel memberikan sebotol brake fluid merk Prestone dengan volume 50 ml. Tidak hanya itu, dia pun menyarankan agar menggunakan minyak rem yang tidak berwarna. Karena, menurut sang empunya bengkel, minyak rem yang menggunakan pewarna bisa merusak seal karet pada kaliper rem. So, ditebuslah brake fluid tersebut dengan selembar sepuluh ribuan.

Cairan Minyak Rem

Cairan minyak rem (brake fluid) dan tutup tabung brake fluid saat dibuka.

Setelah sampai di rumah, RiderAlit langsung membongkar kembali tabung brake fluid Si Sepira dan membuka botol brake fluid Prestone tersebut. Ternyata cairannya memang tidak berwarna alias bening. RiderAlit pun menuangkan minyak rem tersebut sampai permukaan cairannya pas pada tanda yang ada di dalam tabung brake fluid. Tutup kembali tabungnya kemudian lap-lap body Si Sepira biar tambah kinclong 😀 . Anyway, sebotol brake fluid Prestone kapasitas 50 ml cukup untuk satu kali pengisian jika tabung dan selang brake fluid-nya dalam keadaan kosong.

Alhamdulillah, hari ini dapat pengalaman dan pelajaran tambahan. Salam hangat dari kota hujan 🙂 .

Iklan

5 thoughts on “DIY: Ganti Cairan Minyak Rem

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s