Bengkel Pinggir Jalan Tidak Selalu Inferior

Bengkel Motor

Bengkel motor di pinggir jalan Griya Yasa Lestari.

Karena beberapa hari lalu saat di gas knalpot Si Sepira mengeluarkan asap putih, maka pada hari Minggu kemarin RiderAlit mencoba membawa Si Sepira ke bengkel AHASS Slawi Motor II di Jalan Sukahati. Salah satu mekanik memvonis bahwa ring seher Si Sepira positif bermasalah. Tanda-tanda asap putih dari knalpot merupakan gejala oli mesin yang ikut masuk ke silinder. Namun akhirnya Si Sepira batal diservis disana karena mekaniknya bilang untuk memperbaikinya harus membubut silindernya sementara tukang bubutnya tidak ada yang buka hari Minggu. Proses servisnya pun katanya bisa memakan waktu seharian!

Turun Mesin

Blok silinder Si Sepira saat dibongkar.

WoW! Cuma mau memperbaiki piston dan silinder saja harus repot-repot membubut. Akhirnya RiderAlit membawa Si Sepira ke bengkel tetangga di pinggir jalan Griya Yasa Lestari. Bongkar, bongkar, bongkar dan setelah dicek ternyata ada beberapa spare part mesin yang harus diganti. Ring seher dan packing top set (gasket kit) adalah beberapa spare part yang harus diganti. Total spare part yang harus dibeli berjumlah seratus empat puluh lima ribu rupiah.

Setelah selesai dipasang, tidak lupa karburator Si Sepira ikut dibersihkan. Saat semuanya sudah terpasang rapi, mesin Si Sepira pun dihidupkan. Tarik gas dalam-dalam dan akhirnya terbukti kalau asap putihnya tidak keluar, tidak seperti saat belum di servis yang membuat knalpot “ngebul” saat mesin  di putaran atas (RPM tinggi).

Si Sepira pun lebih enak dikendarai, karena tarikan gasnya jadi lebih “enteng”. Efek karburator yang masih bersih sepertinya.  Ongkos servisnya cuma “gocap” 😀 . Termasuk murah untuk turun mesin. Servisnya pun cuma beberapa jam, tidak sampai seharian.

Well, tidak selamanya bengkel motor pinggir jalan lebih inferior dibandingkan bengkel resmi. Salam hangat dari kota hujan.

Iklan

2 thoughts on “Bengkel Pinggir Jalan Tidak Selalu Inferior

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s