Kesalahan Soal Bahasa Inggris Kelas 1 SD

Soal Latihan Bahasa Inggris

Soal latihan Bahasa Inggris kelas 1 SD. Coba baca soal nomor 19. We have eye for … something. Jelas ini bukan typo 😀 .

Foto diatas adalah soal latihan Bahasa Inggris kelas 1 SD yang RiderAlit anggap ada sedikit kesalahan pada salah satu soalnya. Saat membantu mengajarkan adik sepupu,  ada satu soal yang menggelitik. Pada soal nomor 19 tertulis “We have eye for … something”. Jawaban yang benar memang see, tapi bukan itu yang jadi masalah. Grammarnya akan lebih tepat jika soalnya ditulis “We have eyes to … something”. Jadi dibacanya pun akan terasa lebih enak jika soal dan jawabannya saling melengkapi. We have eyes to see something.

Well, manusia memang tempat salah dan lupa karena kesempurnaan hanya milik Allah. Tapi jika suatu hari ada anak sobat yang sedang mengerjakan soal atau PR, coba dicek kembali soalnya. Apapun mata pelajarannya. Jika soal tersebut datang dari gurunya, cobalah untuk mengingatkan sang guru. “Maaf, Pak/Bu guru. Ini lho, waktu saya ngajarkan anak saya sepertinya ada soal yang kurang sreg, deh.” Guru yang baik pasti akan menyadari dan memperbaiki kekeliruannya.

Tapi RiderAlit heran juga. Anak kelas 1 SD sekarang sudah harus belajar Bahasa Inggris. Dulu RiderAlit diperkenalkan mata pelajaran Bahasa Inggris kelas 4 SD. Saat baca, tulis dan berhitung sudah mantap. Kenapa anak kelas 1 SD yang seharusnya masih diajarkan baca, tulis, akhlak, bermain dan lingkungan sudah harus dipusingkan dengan Bahasa Inggris? Jangan-jangan langkah pemerintah untuk menciptakan generasi cerdas malah berujung dengan banyaknya remaja stres dan bermasalah akibat persoalan di sekolah. Semoga tidak terjadi, bagaimanapun juga generasi muda adalah penerus perjuangan bangsa.

Tapi inilah repotnya hidup di Indonesia. Saat anak-anak baru belajar merangkak, sepertinya pemerintah ingin mereka segera melesat terbang. Selamat berakhir pekan dan salam hangat dari kota hujan 🙂 .

Iklan

One thought on “Kesalahan Soal Bahasa Inggris Kelas 1 SD

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s