Jalan Rusak Spare Part Ikut Rusak

PIC-00051.jpgPIC-00058.jpgIlustrasi: Jalan yang rusak di CIFOR, Bogor.

Hari Minggu tanggal 4 Mei kemarin RiderAlit mampir ke bengkel Castrol Bike Point di jalan raya Bojonggede untuk mengganti kampas rem tromol belakang Si Sepira. Saat montir membongkar ban belakang dan melepas tromolnya ternyata bukan hanya kampas rem yang tergerus tipis. Laher (ball bearing) Si Sepira ternyata juga pecah, terlihat dari beberapa pelor yang berantakan. Pantas saja belakangan ini terdengar suara “klik” dari bagian bawah saat Sepira di gas.

Ball Bearing

Laher (Ball Bearing)

Akhirnya kampas rem dan laher (ball bearing) ikut diganti. Total biaya yang harus dikeluarkan adalah lima puluh lima ribu rupiah berikut ongkos montir. Kalau dipikir-pikir hal seperti ini wajar. Setiap hari jalan yang RiderAlit lewati sebagian besar rusak, belum lagi banyaknya poldur (polisi tidur) yang harus dilewati. Jalan raya Bojonggede di beberapa titik rusak parah. Hal yang sama juga terjadi di sepanjang jalan Sukahati, Pondok Rajeg, Kalimulya hingga GDC (Grand Depok City).

Jalan-jalan rusak tersebut sebagian besar terdiri dari pasir dan kerikil hingga onggokan batu-batu sebesar kepalan tangan. Motor apa pun pasti rusak kalau setiap hari melewati jalan yang kondisinya macam begini. Belum lagi kalau hujan turun. Genangan air membuat lubang dan batu-batu jadi tidak terlihat. Yah, jadi jebakan Batman 😀 .

Sekarang RiderAlit akhirnya memilih untuk lewat jalan raya Citayam atau jalan Raya Bogor yang kondisi aspalnya bagus. Namun kedua jalan ini punya resiko masing-masing. Jika lewat jalan raya Citayam harus berhadapan dengan kemacetan di pasar dan depan stasiun KA Citayam. Setiap kereta lewat dan berhenti pasti macet karena banyak angkot yang berebut penumpang dan jalan yang sempit harus dilewati kendaraan dua arah berlawanan. Belum lagi antrian kendaraan di pintu perlintasan KA yang berdesakan. Aspal rusak juga ditemui di beberapa titik, tapi tidak separah jika lewat GDC.

PIC-00021.jpg

Jalan Raya Bogor

Jika lewat jalan Raya Bogor harus ekstra konsentrasi dan waspada karena harus berhadapan dengan kendaraan besar (truk dan bus) selain angkot, mobil dan pemotor lain. Jarak tempuh juga menjadi lebih jauh. Namun, sensasi lewat jalan ini tidak tergantikan. Jalan lurus yang lebar serta aspal mulus membuat riding terasa menyenangkan 🙂 . Titik hambatan hanya terjadi menjelang fly over Cibinong.

Well, jalan mana pun yang ditempuh pasti ada resikonya.

Iklan

2 thoughts on “Jalan Rusak Spare Part Ikut Rusak

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s