Tips Mengatasi Kunci Stang Macet

Secure Key Shutter

Secure key shutter Si Sepira.

Belum lama ini kunci stang Si Sepira susah dibuka. Ketika shutter sudah dibuka dan anak kuncinya akan diputar ke posisi OFF dari LOCK, terasa sulit dibuka seperti ada yang mengganjal. Macet pada saat stangnya masih dalam posisi terkunci. Pernah sekali waktu, saat akan pulang malam hari, butuh waktu sekitar lima menit hanya untuk membuka kunci stang.

Kondisinya tidak setiap saat kuncinya sulit dibuka. Gejala kunci stang sulit dibuka selalu muncul saat Si Sepira sudah lama diparkir dan kehujanan/kepanasan. Maklum, motor lawas dan diparkir di lapangan tanpa atap. Yang dikhawatirkan hanya ketika hati sudah tidak sabar, sedang terburu-buru, kemudian kunci stang dalam kondisi sulit dibuka. Kalau asal putar, anak kuncinya bisa patah!

Akhirnya beberapa hari lalu RiderAlit mencoba berikhtiar dengan melumasi anak kunci dengan minyak goreng. Cukup dengan meneteskan atau mencelupkan ujung anak kunci dengan sedikit minyak goreng. Kemudian keluar-masukan anak kuncinya beberapa kali. Teteskan lagi sedikit minyak goreng di ujung anak kunci kemudian coba putar dari posisi LOCK ke OFF. Jika masih terasa macet jangan dipaksakan. Keluar-masukan lagi anak kuncinya beberapa kali setelah itu coba diputar lagi. Lakukan hal ini sampai beberapa kali hingga putaran anak kunci terasa lancar dan tidak terasa ganjalan saat kunci stang dibuka.

Anak Kunci Motor

Celupkan atau teteskan ujung anak kunci dengan minyak goreng.

Secure Key Shutter

Setelah anak kuncinya dilumasi dengan minyak goreng, keluar-masukan anak kuncinya beberapa kali setelah itu coba diputar-putar dari posisi LOCK ke OFF. Lakukan hal ini sampai beberapa kali hingga putaran anak kunci terasa lancar dan tidak terasa ganjalan saat kunci stang dibuka.

Alhamdulillah, saat ini Si Sepira sudah tidak menderita gejala kunci stang macet. Sebetulnya jika dirasa perlu, shutter atau penutup kuncinya bisa dilumasi juga agar pada saat dibuka-tutup terasa lebih lancar. Macet pada kunci bisa jadi karena perkaratan komponen kunci. Apa lagi Si Sepira sering diparkir di lapangan parkir tanpa atap. Otomatis sering diguyur hujan dan diterpa panas.

Hal paling ditakutkan jika kunci macet adalah patahnya anak kunci. Hal seperti ini pernah dialami sobat RiderAlit. Saat dia akan menyalakan Scorpio Z lawasnya, anak kuncinya patah. Padahal hari sudah malam dan lapangan parkir sudah sepi. Beruntung saat itu di lab. komputer ada tang. Jadi, dia putar patahan anak kuncinya dengan tang untuk menghidupkan motornya. Ya, tangnya juga dipakai untuk mencabut patahan anak kuncinya sesampainya di rumah 🙂 . Baru keesokan harinya bisa dibuatkan anak kunci duplikat di tukang kunci.

Semoga tulisan ini berguna. Salam hangat dari kota Depok (sedang bersiap-siap menghadapi kemacetan di sekitar jalan Margonda saat jam pulang kerja 😀 ).

Iklan

15 thoughts on “Tips Mengatasi Kunci Stang Macet

  1. Makasih tips nya, ini motor saya juga lagi ga bisa kebuka kunci stang nya, karna udah malem, aku googling buat pertolongan pertama biar besok ga keburu buru brngkat kerja (udah 2 hari begini) ntar kalo berhasil saya komen lagi deh, hehehehe

  2. Kalo bandul hitam yg ada di anak kunci yg utk buka safety lock itu 1sisi gundul bagaimana? Krna jd sulit Kalo buka safety lock nya utk jd dapat terbuka full. Mohon mungkin ada yg tau cara mengatasinya. Trims

  3. awalnya motor sya dibobol trus akhirnya gak bisa dikunci stang..apakah cara ini bisa mengatasi agar mtor sya bisa ngunci stang lagi?mksiiih jawbannya..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s