Senin yang Luar Biasa di Jalan Raya Bogor

Total Gridlock

Kemacetan parah di pertigaan KOSTRAD, dekat Jalan Raya Bogor KM 38, Cilodong pada hari Senin, 14 Juli 2014 kemarin.

Senin, tanggal 14 Juli 2014 kemarin saya berangkat dari rumah di Bojonggede untuk menuju ke Pondok Gede, Jatiwaringin untuk suatu keperluan. Berangkat dari rumah sekitar jam 05.45 pagi dan sudah menghadapi kemacetan di depan perlintasan KA dekat Lapangan Sepak Bola Siaga. Kira-kira macet sekitar lima sampai sepuluh menit disana karena ada perbaikan jalan. Jalan raya Bojonggede mulai dari Pasar Baru sampai dengan Bambu Kuning hingga ke ujung jalan yang mengarah ke jalan Tegar Beriman memang sedang dalam tahap pengecoran beton. Sehingga ruas jalur yang seharusnya dua arah hanya bisa digunakan satu arah bergantian.

Melewati jalan Tegar Beriman udara sejuk pagi lumayan menyegarkan wajah setelah bermacet-macetan. Lalu lintas sepi dan lancar hingga menjadi ramai lancar saat akan melewati fly over Pasar Cibinong. Setelah itu lalu lintas lancar kembali hingga saya tiba di depan SPBU Pertamina 34-16920 (search dengan Google Maps lokasinya di depan PT Mayer Indah Indonesia). Saya cuma terheran-heran melihat banyak kendaraan berhenti. Saya perhatikan dua jalur yang digunakan sebagian besar digunakan oleh kendaraan yang menuju arah Jakarta. Lebih mengherankan lagi adalah jalur yang ke arah Bogor cuma cukup dilewati oleh satu angkot dan banyak orang berjalan kaki.

Akhirnya saya simpulkan bahwa saat itu saya terjebak macet. Cuma yang membuat saya penasaran sekali adalah apa penyebab kemacetan ini. Terus terang, saat itu bahkan motor pun cuma bisa berjalan siput. Tarik gas kemudian rem, tarik gas lagi rem. Seingat saya, sampai melewati bangunan pabrik saat itu roda dua sama sekali tidak bergerak. Bau asap kendaraan dan badan terasa gerah mungkin dirasakan oleh semua orang yang mengendarai dan menumpang roda dua di jalan itu kemarin. Saya perhatikan beberapa pemotor terpaksa menurunkan penumpang wanitanya yang berseragam buruh pabrik saat itu untuk kemudian si penumpang ikut berjalan kaki bersama rombongan lain yang juga terpaksa berjalan.

Sebelah kiri jalan (arah Jakarta) sudah dipadati oleh kendaraan roda empat dan roda lebih dari empat, dengan diselingi sepeda motor. Kondisi mereka pun lebih parah dari pada roda dua, sama sekali tidak bergerak. Sedangkan disebelah kanan semakin banyak orang  dan anak-anak berseragam berjalan kaki. Dari kejauhan pun terlihat sinar matahari menyilaukan dan ilusi optik seperti ada kilauan air. Karena kegerahan akhirnya saya membuka visor helm dan syal yang saya fungsikan sebagai masker. Dalam benak saya sudah terbayang saya bakal terlambat sampai di tujuan. Akhirnya karena rasa penasaran saya bertanya kepada seorang pemotor lain disebelah kanan saya, “Pak, kenapa ya kok macet begini? Padahal biasanya nggak pernah.” Kemudian bapak tersebut menjawab, “Mungkin mentok, mas. Yang keluar banyak, kan hari ini sekolah mulai masuk.” Saya pun menimpali, “Oh, pantas. Mungkin yang keluar dari arah KOSTRAD nggak bisa keluar.” Dia pun membalas, “Iya!” Kira-kira seperti itulah percakapan kami saat itu.

Saya perhatikan banyak juga pemotor yang tidak sungkan-sungkan mengarahkan kamera handphone-nya untuk memotret kemacetan itu. Saya pun ikut mengabadikan kejadian saat itu. Karena sudah jengah terjebak disana, saya mencoba mencari celah diantara mobil-mobil disebelah kiri saya. Akhirnya saya bisa juga menepi, tapi sayangnya kondisinya sama saja. Mau maju susah, mau balik arah pun tidak bisa sama sekali. Mungkin ini yang disebut total gridlock. Karena situasi sudah semakin tak tertahankan, banyak pemotor yang akhirnya melewati halaman bangunan dipinggir jalan agar bisa maju. Mau tak mau saya pun mengikuti mereka, daripada terjebak kemacetan seperti ini. Force majeure.

Total Gridlock

Update status: Lagi terjebak macet @Jalan Raya Bogor 😀

Semeter demi semeter, sambil buka tutup gas dan rem, akhirnya saya bisa melihat gapura KOSTRAD. Saya perhatikan pemotor dan kendaraan lain yang berada ditengah jalan tetap susah bergerak. Hanya kendaraan paling depan bisa maju setelah bergantian dengan kendaraan dari arah KOSTRAD. Alhamdulillah, setelah melewati gapura jalanan lancar dan saya pun menepi dan berhenti sebentar. Ternyata benar, arus kendaraan yang keluar dari KOSTRAD ke arah Bogor penuh sesak dan sama-sama tidak bisa maju selain melewati jalur sempit di sebelah kanan yang dipenuhi oleh pejalan kaki. Saya coba melihat jam tangan ternyata waktu menunjukan pukul 07.00. Dengan asumsi saya melewati jalan raya Bojonggede sampai  ke fly over Cibinong hingga di depan SPBU 34-16920  lima belas menit dari pukul enam tepat, dan sekarang sudah pukul tujuh berarti sekitar empat puluh lima menit saya terjebak macet.

Melewati gapura KOSTRAD jalanan ke arah Jakarta kosong melompong! Sambil melanjutkan perjalanan saya perhatikan mobil-mobil yang menuju Bogor juga terjebak macet sampai di KM 38 (sambil melihat plang-plang bangunan yang bertuliskan alamat bangunan tersebut dipinggir jalan). Satu dua angkot menyalip saya. Dan seperti biasa, seperti binatang buas yang kelaparan kemudian diberikan seonggok daging segar, supir angkot itu mengemudikan angkotnya seperti kesetanan.  Saya coba melaju cepat sambil mempertahankan kecepatan. Tidak terlalu cepat, yang penting saya selamat sampai ditujuan.

Cukup sekali saja terjebak macet parah seperti itu. Saya lupa kalau kemarin adalah hari pertama masuk sekolah. Mungkin kalau lewat jalan lain pun ada kemacetan lain juga, walau tidak separah seperti yang saya alami. Well, Anda belum sungguh-sungguh jadi biker jika tinggal di Jabodetabek tapi belum mengalami kemacetan parah seperti ini 😀 .

5 thoughts on “Senin yang Luar Biasa di Jalan Raya Bogor

Tinggalkan Balasan

