Penggantian Ban Belakang Si Sepira

Pemasangan Ban Tubeless

Pemasangan ban belakang ke velg Si Sepira menggunakan tyre changer.

Kamis, 17 Juli kemarin saya menyempatkan diri untuk mengganti ban belakang Si Sepira. Sepulang kerja kira-kira pukul lima sore, saya mampir ke Castrol Bike Point di Bambu Kuning. Sebenarnya niat mengganti ban belakang Si Sepira sudah lama juga, cuma baru saya sempatkan hari Kamis kemarin. Ban belakang yang lama, Swallow tubeless type ukuran 90/90 ring 17 sudah menipis, terlihat jelas dari alurnya. Selain itu, ban yang lama juga sudah punya satu titik tambal. Maklumlah, motor yang suka wara-wiri Jakarta-Depok-Bogor peluang bocor bannya tinggi sekali. Usia ban yang lama juga sudah tua, enam tahun! Dulu, waktu Si Sepira baru umur setahun, sepasang velg spoke-wheelnya diganti dengan cast-wheel, ban belakangnya diganti dengan tubeless. Tinggal ban depannya yang masih menggunakan ban tube type Federal ukuran 80/90 ring 17.

Niat awalnya mau mengganti ban belakang dengan merk Corsa, karena sudah pengalaman lama menggunakan merk ban tersebut. Si putih blade lawas dan New Blade tunggangan ortu juga menggunakan merk tersebut. Namun saat mampir ke bengkel ternyata merk tersebut tidak ada dan montirnya menawarkan merk Aspira dan Zeneos sebagai alternatif. Akhirnya saya memilih Zeneos, karena Zeneos juga buatan pabrik yang sama dengan IRC, brand yang sudah terpercaya. Tanya-tanya harga, ternyata harga Zeneos ZN77 ukuran 90/90 ring 17 sama dengan merk Corsa dengan ukuran yang sama, sekitar dua ratusan ribu rupiah sudah dengan ongkos pemasangan.

Pemasangan Ban Tubeless

Ban belakang baru yang sudah terpasang di velg.

Pemasangan Ban Tubeless

Ban dan velg belakang yang sudah siap dipasang.

Pemasangan Ban Tubeless

Ban belakang sudah selesai dipasang 🙂 .

Pelepasan ban yang lama dan pemasangan ban yang baru tidak memakan waktu yang lama, sekitar limabelas menit. Pemasangan bannya pun sudah menggunakan tyre changer. Selesai pemasangan, sang montir langsung lapor ke atasannya dan slip transaksi pun diberikan pada saya. Saya pun langsung memberikan uang sesuai dengan harga yang disepakati. Yah, akhirnya sempat juga mengganti ban belakang Si Sepira. Padahal waktu penggantiannya cuma sebentar, tapi kalau tidak disempatkan yah tidak akan sempat.

Bagaimana impresinya saat digunakan? Terus terang, saat menggunakan ban yang lama rasanya agak limbung/goyang, terlebih jika melewati jalanan yang basah atau berpasir. Efek limbungnya semakin terasa jika ban kurang angin. Mungkin karena compound bannya sudah tipis. Saat menggunakan ban yang baru efek limbungnya tidak terasa. Sabtu kemarin saya coba melibas tikungan-tikungan Pondok Rajeg dengan agak sedikit miring dan efek limbungnya sama sekali tidak terasa. Tapi itu dalam kecepatan sedang walau saya membawa box dengan berat beban sekitar 1,5 kg. Kesimpulannya, saya tidak kecewa dengan ban yang baru saya pasang. Alhamdulillah 🙂 .

Iklan

2 thoughts on “Penggantian Ban Belakang Si Sepira

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s