Pasar Kaget di Komplek Pemkab Bogor

Pasar Kaget Pemda Cibinong

Pasar kaget di Jalan Bersih, samping komplek perkantoran Pemkab Bogor, Cibinong.

Jika sobat berkeliling di komplek perkantoran Pemda Kabupaten Bogor, Cibinong setiap hari Minggu pagi, maka sobat bisa menjumpai banyak pedagang menggelar lapak dagangannya di sekitar komplek perkantoran. Lokasinya memang berpindah-pindah, kadang ada di dekat gapura jalan Tegar Beriman (sekarang CCM, Cibinong City Mall 🙂 ), kadang di sepanjang jalan Tegar Beriman depan komplek Pemkab Bogor, kadang di Jalan Bersih dan kadang-kadang ada di ujung jalan Bambu Kuning (walaupun jarang). Karena keberadaannya yang berpindah-pindah inilah maka saya menyebutnya pasar kaget 🙂 .

Pasar Kaget Pemda Cibinong Awalnya kumpulan para pedagang ini menjajakan dagangannya di sepanjang jalan Tegar Beriman depan komplek Pemkab Bogor. Kumpul, ngariung, pedagang-pedagang ini membuat suasana disana menjadi seperti kawasan pasar di objek wisata. Ah… jadi ingat Malioboro 😀 . Dari pagi hingga sore di hari Minggu, pasar ini ramai dikunjungi warga Bojonggede, Cibinong, Citayam dan sekitarnya. Memanfaatkan hari Minggu dimana banyak orang-orang yang berolahraga dan posisi Pemkab Bogor yang sangat strategis, para pedagang berusaha mengais keuntungan dari menjajakan barang keperluan sehari-hari, souvenir, pakaian, peralatan rumah tangga, hiasan/aksesoris, mainan anak-anak, tanaman hias hingga makanan. Tidak hanya pedagang barang-barang, pedagang yang menjajakan jajanan atau kuliner pun banyak sekali.

Pasar Kaget Pemda Cibinong

Seorang pedagang pakaian anak-anak di pasar kaget , Jalan Bersih, samping komplek perkantoran Pemkab Bogor, Cibinong.

Pasar Kaget Pemda Cibinong.

Pedagang sandal menjajakan dagangannya di bawah tenda.

Pasar Kaget Pemda Cibinong

Para pedagang menjajakan dagangan mereka menggunakan sepeda, gerobak, motor hingga mobil MVP dan pick-up (oleh karena itu MVP laris manis di Indonesia, bisa buat dagang 😀 ). Dagangannya dijajakan dibawah tenda atau booth, dalam mobil, diatas balai atau cukup digelar diatas terpal di pinggir jalan. Pengunjung yang datang pun ada yang berjalan kaki, bersepeda, mengendarai sepeda motor atau mobil. Hal ini membuka sebuah peluang baru, lahan parkir 🙂 . Selain kios-kios, tenda dan lapak pedagang, di sepanjang jalan Tegar Beriman akan dijumpai parkir-parkir liar yang menggunakan tepi jalan. Pemotor bisa memilih dimana mereka mau memarkirkan kendaraan mereka dengan membayar tarif parkir pada ‘petugas parkir’. Lahan parkirnya biasanya dibatasi dengan tambang atau street cone.

Pasar Kaget Pemda Cibinong.

Mobil serba guna untuk berdagang.

Pasar Kaget Pemda Cibinong

Seorang pedagang gorden sedang memberikan penjelasan tetang dagangannya pada calon pembeli.

Pasar Kaget Pemda Cibinong

Tidak seramai dulu, tapi masih ada.

Keberadaan mereka sebetulnya juga menguntungkan warga sekitar yang memiliki kios dagangan atau kedai makan di sepanjang jalan Tegar Beriman. Karena banyak pengunjung yang ramai mengunjungi kios/kedai mereka. Namun sayangnya keramaian seperti itu sudah tidak bisa dijumpai lagi saat ini. Keberadaan mereka sepertinya tidak disukai oleh empunya wilayah. Beberapa bulan yang lalu, para petugas satpol PP selalu bersiaga mulai pagi hari. Jika ada pedagang yang berani menggelar lapaknya, mereka tidak segan-segan untuk mengusir.

Pasar Kaget Pemda Cibinong

Karena keberadaan para pedagang yang selalu diintai oleh satpol PP inilah yang membuat mereka berdagang berpindah-pindah. Saat ini kerumunan pedagang di komplek perkantoran Pemkab Bogor tidak seramai dulu lagi. Tapi setiap hari Minggu mereka masih bisa dijumpai disana. Terus terang, saya pun senang melihat mereka. Setelah puas bersepeda, saya biasanya cuci mata melihat-lihat barang-barang yang dijajakan. Sambil sarapan biasanya 🙂 . Satu hal yang harus sobat ingat jika berkunjung di keramaian seperti ini, jaga dompet dan barang berharga baik-baik.

Pasar Kaget Pemkab Bogor

Calon pembeli sedang tawar-menawar dengan pedagang kaligrafi dan lukisan dinding.

Pasar Kaget Pemda Cibinong

Kaligrafi Arab dan lukisan dinding.

Pasar Kaget Pemda Cibinong

Mainan anak-anak.

Pasar Kaget Pemda Cibinong.

Pakaian yang dijajakan di pinggir Jalan Bersih, dekat KPP Pratama, Cibinong.

Pasar Kaget Pemda Cibinong.

Tanaman hias plastik. Artifisial tapi tetap terlihat indah.

Ada yang tertarik berkunjung kesana? Atau jangan-jangan ada yang tertarik mau ikut gelar lapak disana 🙂 . Salam hangat dari kota hujan.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s