Knalpot: Beda Yamaha R25 dengan Suzuki Inazuma

Knalpot Suzuki Inazuma

Knalpot Suzuki Inazuma

Seperti yang ditulis oleh pak RT ridertua di sini, Suzuki Inazuma GW 250 menggunakan sistem muffler/knalpot 2-1-2. Dari ruang bakar, dua leher exhaust bertemu/menyatu di bagian tengah untuk kemudian dipisahkan kembali ke dua saluran pembuangan. Hal yang lumrah untuk motor dua silinder memang menggunakan dua leher exhaust, perkara nanti gas buangan dari ruang bakar akan disalurkan melalui dua saluran atau hanya satu saluran knalpot adalah hak desainer dan engineer yang membuat motor tersebut.

Knalpot Yamaha R25Lain halnya dengan Yamaha R25. Walaupun menggunakan dua silinder dan memiliki dua leher exhaust, Yamaha R25 hanya memiliki satu saluran akhir untuk pembuangan gas. Dua leher exhaust dari ruang bakar bertemu/menyatu di bagian tengah untuk selanjutnya gas buang dari ruang bakar dikeluarkan dari satu knalpot.

Tanpa memperhitungkan performa motor secara keseluruhan, efek dari penggunaan dua saluran knalpot atau satu saluran knalpot menurut saya akan banyak mempengaruhi aspek visual motor itu sendiri. Menurut sobat lebih keren mana jika Yamaha R25 memiliki satu saluran knalpot atau dua knalpot? Jawabannya pasti subjektif, tergantung selera biker pemilik R25 tentunya.

Yamaha R25

Yamaha R25

Tapi kalau menurut sobat penggunaan dua knalpot bisa meningkatkan aspek visual R25 maka sebaiknya sobat segera memodifikasi knalpot Yamaha R25 yang sudah sobat miliki. Dua knalpot bisa menambah kesan moge Yamaha R25, IMHO. Bukan hal yang sulit untuk memodifikasi knalpot. Saya sering melihat Vixion wara-wiri dengan dua knalpot di Depok. Bahkan Pulsar 200 NS pun pernah terlihat menggunakan dua knalpot.

Iklan

2 thoughts on “Knalpot: Beda Yamaha R25 dengan Suzuki Inazuma

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s