Front Fender Meleleh Tergesek Ban

Front fender yang meleleh akibat bergesekan dengan ban.

Hari Minggu kemarin Si Sepira dipinjam oleh adik saya untuk jalan-jalan ke Taman Bunga Nusantara, Cipanas. Dipakai berboncengan dengan temannya mereka berjalan rombongan menuju Cipanas lewat jalur Puncak dari jalan Pajajaran-Ciawi. Alasannya meminjam Si Sepira adalah karena motor temannya yang cuma 110c tidak kuat untuk diajak melintas di jalur Puncak yang banyak tanjakan. Apalagi tepat akhir pekan, maka bisa dipastikan jalan disana pasti macet.

Sehari sebelumnya kondisi Si Sepira masih sehat. Sabtu malam saat saya pulang hingga tiba di rumah, Si Sepira masih nyaman dikendarai. Jarak front fender dengan bannya pun masih terlihat tinggi. Minggu pagi saat dipanaskan pun tidak terlihat ada keanehan di front fendernya. Hingga saat adik saya pulang, hari Minggu malamnya, saya tidak sempat memperhatikan kondisinya. Yang saya rasakan cuma panas yang tidak biasa sampai terasa di body depan. Heran, memang dipacu sampai seberapa kencang hingga panas mesin sampai terasa ke body. Sejauh-jauhnya saya berkendara, tidak pernah mesin sampai sepanas itu.

Keesokan harinya, saat saya mau memanaskan mesin, baru terlihat keanehan di front fendernya. Bagian bawah depannya meleleh dan tergerus hingga terlihat pecahan di permukaan atasnya. Ketika dicek, ternyata shock breaker depan juga tidak balik saat stang menekannya ke bawah. Ini dia penyebabnya, nih. Ban depan menggesek front fender. Yang saya heran adalah adik saya dan temannya tidak melaporkan kejadian ini pada saya. Awas deh, nanti kalau ketemu saya jewer 😀 .

Akhirnya hari ini saya baru sempat membawa Si Sepira untuk diperbaiki di bengkel langganan. Mengganti karet seal, oli shock breaker dan front fender. Lebih dari seratus ribu rupiah harus dikeluarkan, tapi yang bikin saya gemas adalah ada kerusakan di motor saya tapi tidak diberitahukan.

Tinggalkan Balasan

