Setelah Tujuh Tahun Bohlam Headlamp Si Sepira Putus

Bohlam Putus

Bohlam Si Sepira yang putus, terlihat dari kacanya yang menghitam gosong.

Kemarin malam, 06 Oktober 2014, saat sedang enak-enaknya riding pulang kerja akhirnya bohlam headlamp Si Sepira putus. Sebelumnya saat riding dari Margonda menuju Kalimulya hingga sampai di Pondok Rajeg headlamp Si Sepira masih bisa menyorotkan lampu jauh yang terang. Setelah sampai di tikungan menuju jalan Kancil, saya matikan sorot lampu jauhnya karena masuk ke daerah pemukiman. Tidak sopan kalau masih menyalakan sorot lampu jauh.

Setelah keluar jalan Kancil melewati Sukahati, saya nyalakan kembali sorot lampu jauhnya. Tapi sorotan cahaya headlamp tidak seterang jika lampu jauhnya menyala walau indikator lampu jauhnya berpendar biru menyala. Pikiran pertama saya adalah, “Pasti putus nih bohlamnya.” Saat sampai di rumah saya cek kaca headlamp Si Sepira dan terlihatlah kalau bohlamnya menghitam gosong. Betul ternyata.

Akhirnya tadi pagi saya bongkar cover dashboard Si Sepira untuk mengganti bohlamnya yang putus. Agak repot juga mengganti bohlam tersebut. Karena harus melepas kaca spion kanan dan kiri setelah itu baru membuka baut-baut penahan cover dashboard. Musti teliti dan hati-hati, karena kalau sembrono melepas covernya bisa menyebabkan kait-kait plastiknya patah. Setelah membuka cover barulah bohlamnya bisa dicopot.

Saya lihat ada endapan karat di besi kedudukan bohlam. Mungkin ada air akibat udara lembab yang menyebabkan karat dan bohlamnya short circuit alias korsleting. Untung ada bohlam cadangan, Osram 12 volt 35 watt, yang siap digunakan sehingga saya tidak perlu repot-repot jalan ke bengkel. Setelah dipasang bohlamnya, saya cek dengan menghidupkan mesin dan menekan switch lampu jauhnya. Alhamdulillah, lampu jauhnya berfungsi kembali. Saya pasang kembali cover beserta spion yang tadi dilepas.

Bohlam yang lama, Stanley 12 volt 32 watt, ternyata awet juga. Melewati tujuh tahun pemakaian baru putus. Sekarang saya mau tahu, bohlam yang baru dipasang ini tahan berapa lama.

One thought on “Setelah Tujuh Tahun Bohlam Headlamp Si Sepira Putus

Tinggalkan Balasan

