Las Besi Penyangga Bracket Box Motor

Penyangga Bracket

Besi penyangga bracket yang patah sudah dilas.

Kira-kira sebulan yang lalu saat saya melepas bracket untuk mengganti shock breaker belakang Si Sepira, saya temukan besi penyangga bracket yang sebelah kanan patah jadi dua. Oleh karena itu, kurang lebih sebulan ini Si Sepira wara-wiri tanpa box. Alhamdulillah, hari Minggu kemarin saya sempat memperbaiki besi peyangga yang patah itu.

Saya perhatikan ternyata besi tersebut patah dibagian yang berlubang. Mungkin karena goncangan saat berkendara dan beban dalam box, lempeng besi yang kritis akibat lubang ditengah tersebut bisa menyebabkan besinya patah. Yang cukup mengherankan adalah kedudukan box dan bracketnya tetap kokoh. Bisa jadi karena besi yang patah tersebut masih ditahan oleh rear grip.

Saya bawa besi tersebut ke tukang las di perumahan Griya Yasa Lestari dan besi tersebut bisa disambung kembali. Las yang digunakan saya lihat adalah las listrik. Awalnya saya minta agar dibuatkan besi penyangga yang serupa, tetapi si tukang las menjelaskan kalau dia tidak memiliki besi yang ketebalannya sama dengan besi penyangga yang saya bawa. Saya amati memang tempat las tersebut terbiasa melayani pesanan besi teralis jendela, pagar dan pintu garasi. Akhirnya saya minta agar lubang yang ada ditengah tersebut dilas sekaligus agar tidak menjadi titik kritis saat besi penyangganya sudah terpasang. Setelah dilas, besi tersebut ditempa beberapa kali dan akhirnya beres. Saya perhatikan hasil las-lasannya cukup lumayan. “Insya Allah kuat,” kata si tukang las.

Penyangga Bracket

Besi penyangga bracket yang sudah dilas saya cat terlebih dahulu untuk mencegah korosi.

Setelah dilas, besi penyangga bracket tersebut saya cat untuk mencegah korosi. Sore hari setelah catnya mengering, saya pasang kembali bracket dan box tersebut. Kini Si Sepira sudah siap ber-box kembali 🙂 .

Penyangga Bracket

Si Sepira sudah siap kembali mengarungi kemacetan dan aspal yang rusak dengan boxnya.

Saran saya bagi sobat yang juga menggunakan box dan bracket R1 agar sesekali memeriksa besi penyangga bracket. Agar ketika terjadi kerusakan pada besi penyangganya, bisa diketahui lebih awal dan segera diperbaiki. Besi penyangga tersebut bisa patah karena memang pada saat pemasangannya menggunakan besi custom yang dipotong, dibor dan dilas sendiri. Bukan bagian besi bracket buatan pabrik. Yang penting saat terjadi kerusakan pada penyangga bracket jangan sampai menimbulkan masalah saat perjalanan.

Tinggalkan Balasan

