Tips Mengurangi Getaran Box Motor

Box MotorSelama ber-box ada satu trik yang saya gunakan untuk mengurangi getaran pada box saat motor dikendarai. Mungkin trik ini juga bisa sobat gunakan pada box biasa atau pada side box. Getaran pada box biasanya terjadi jika barang yang diangkut dalam box ukurannya lebih kecil daripada ruang kosong dalam box tersebut. Saat motor dikendarai, otomatis barang tersebut akan berguncang-guncang. Terlebih jika jalan yang dilewati bukan aspal yang rata, bunyi “glodak-glodak” pasti terdengar karena barang yang diangkut berbenturan dengan plastik box.

Alas Dada Untuk Alas Box

Rompi/alas dada yang memiliki lapisan busa jika sedang tidak digunakan bisa dijadikan alas box dan mengurangi guncangan.

Biasanya saya menggunakan alas dada yang jarang saya pakai untuk dijadikan alas box. Alas dada/rompi ini memiliki lapisan busa sehingga sangat efektif untuk mengurangi guncangan dan suara getaran akibat barang yang berbenturan dengan alas box.

Bagaimana jika tidak ada rompi/alas dada? Material lain yang “membal” juga bisa digunakan kok. Misalnya kain atau styrofoam. Tapi styrofoam biasanya berukuran besar dan mengurangi ruang kosong dalam box.

Alas Box

Sajadah juga bisa digunakan sebagai alas box untuk mengurangi guncangan.

Jika rompi/alas dadanya sedang digunakan, saya biasanya menggunakan sajadah untuk melapisi dasar box. Lumayan juga untuk mengurangi guncangan. Selain itu, jika kita mampir di mushola/masjid, sajadahnya bisa digunakan saat sholat 🙂 .

Demikianlah tips kali ini, semoga berguna.

Iklan

2 thoughts on “Tips Mengurangi Getaran Box Motor

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s