Tips Merecover File Terhapus Menggunakan Recuva

Kemarin saat saya mencari sebuah foto dalam folder yang saya khususkan untuk menyimpan arsip foto ternyata tidak ada. Saya coba mencarinya kembali di SD Card kamera juga tidak ada. Seingat saya memang foto tersebut memang sudah saya pindahkan dari kamera ke harddisk. Nah, ternyata file foto yang tersimpan dalam harddisk sepertinya tidak sengaja ter-cut waktu saya menyalinnya lagi ke flashdisk. Flashdisknya sendiri sudah saya format karena sudah banyak file yang tidak dipakai lagi.

Coba mencari program untuk data recovery, saya menemukan Recuva. Program ini ada dua versi, yaitu versi profesional dan versi free yang bisa diunduh di sini. Saya download yang versi free karena gratis tidak perlu berurusan dengan masalah lisensi.

Senang sekali saat menggunakan program ini karena prosesnya dibantu wisaya (wizard) dan tampilannya intuitif serta user friendly. Akhirnya saya berhasil mengembalikan (recover) foto saya yang hilang dari SD card kamera. Nah, berikut ini pengalaman saya saat menggunakan recuva.

  1. Setelah mengunduh executable Recuva, klik dua kali file .exe tersebut dan jendela instalasi Recuva akan muncul.

    Instalasi Recuva

    Tahap 1. Pilih bahasa untuk instalasi. Saya sih memilih English saja.

  2. Klik Next.

    Instalasi Recuva

    Tahap 2. Opsi instalasi yang ada diantaranya pembuatan shortcut, memindai file terhapus dan update otomatis. Saya sih membiarkan saja seperti kondisi default-nya.

  3. Klik Next kemudian klik Install. Proses instalasi Recuva dimulai dan hanya berlangsung selama beberapa detik. Jangan ditinggal untuk bikin kopi πŸ˜€ .

    Instalasi Recuva

    Tahap 3. Recuva sedang diinstal di komputer.

  4. Setelah instalasi selesai, akan ada opsi untuk menjalankan Recuva. Kalau sobat tidak memilihnya, Recuva masih bisa dijalankan dengan mengklik icon-nya di desktop atau di menu Start. Nah, sekarang kita lanjutkan dengan proses data recovery-nya.
  5. Dari jendela Welcome to the Recuva Wizard klik Next (seperti biasa πŸ˜€ ).

    Recuva Wizard

    Tahap 4. Welcome to the Recuva Wizard. Klik Next.

  6. Pilih jenis file yang akan di-recover. Karena saya mencari file foto, maka saya memilih Pictures. Setelah itu klik Next.

    Recuva Wizard

    Tahap 5. Pilih jenis file yang akan di-recover. Kalau mau mencari berbagai jenis file sekaligus, pilih saja All Files.

  7. Pilih lokasi folder/drive yang file atau datanya hendak di-recover. Saya memilih In a specific location karena saya mau mencari data foto di SD card. Setelah itu klik Next.

    Recuva Wizard

    Tahap 6. Tentukan folder/drive tempat data yang hendak di-recover.

  8. Proses scanning data yang hilang. Lama prosesnya tergantung dari banyaknya data yang berhasil dipindai. Bisa sampai berjam-jam, lho. Dari pengalaman saya, sekitar lebih dari tigaribu file yang berhasil di-scan membutuhkan waktu sekitar satu jam lebih. Kalau sobat mau membatalkan prosesnya, klik Cancel saja. Setelah proses scanning selesai, file yang berhasil di-recover akan ditampilkan.
    Recuva Wizard

    Tahap 7. Proses scanning file-file yang terhapus.

    Recuva Wizard

    Tahap 8. Foto-foto yang berhasil di-recover oleh Recuva. Kita bisa memilih beberapa file yang akan dikembalikan sekaligus dengan mencetang kotak check box disebelah kiri nama file.

  9. Setelah memilih file-file yang akan di-recover, klik tombol Recover di sudut kanan bawah. Selanjutnya kita harus memilih lokasi dimana file-file hasil recovery akan disimpan melalui jendela Browse for Folder. Setelah itu Recuva akan menampilkan progress bar saat proses recovery. Setelah selesai, Recuva akan menampilkan berapa berapa banyak file yang di-recovery.
    Recuva Wizard

    Tahap 9. Tentukan lokasi untuk menyimpan file-file hasil recovery.

    Recuva Wizard

    Tahap 10. Laporan berapa banyak file yang berhasil di-recover oleh Recuva.

Selesai, deh. Alhamdulillah saya berhasil mendapatkan kembali foto yang saya cari. Padahal foto yang dicari cuma satu, tapi hasil recovery-nya banyak sekali πŸ˜€ .

Tinggalkan Balasan

