Yuk, Retouching Foto Biar Lebih Cantik

Ada kalanya pemandangan alam indah yang telah kita potret tidak tampil maksimal atau terlihat kurang cantik saat ditampilkan di komputer. Seperti pemandangan Curug Kaung dibawah ini.

Curug Kaung

Foto diatas saya potret dengan BlackBerry 9320. Terlihat warnanya kurang tajam dan nuansanya agak suram akibat waktu memotret sudah siang, posisi matahari sudah tegak diatas kepala. Walaupun pemandangannya bagus, tapi foto yang dihasilkan terlihat kurang menarik. Coba bandingkan dengan foto dibawah ini. Foto dibawah ini adalah foto yang sama dengan foto diatas tapi sudah saya retouching menggunakan software pengolah gambar.

Setelah Retouching

Nah, saya mau berbagi pengalaman retouching foto menggunakan software editing foto bernama RealWorld Paint. Software ini adalah andalan saya untuk editing foto. Watermark foto, keterangan gambar bahkan logo, kepala halaman dan foto gravatar WordPress blog ini saya buat dengan RealWorld Paint.

Kenapa pilih software ini? Pertama dan yang paling utama, gratis 😀 . Heuheuheu… yang kedua adalah portable alias tidak memerlukan instalasi. Cukup download file zip-nya kemudian ekstrak dan jalankan executable-nya. Yang ketiga adalah ringan, tidak memerlukan RAM besar atau spesifikasi komputer yang tinggi tapi fiturnya cukup lengkap. Yang terakhir adalah kalau kita mengedit foto sederhana tapi menggunakan software pengolah foto sekelas profesional, harganya mahal, butuh spesifikasi PC yang tinggi padahal kita bukan profesional, itu ibarat membunuh nyamuk dengan meriam (kata Konfusius). Padahal untuk membunuh nyamuk cukup disemprot obat nyamuk 😀 .

Ok, kita mulai proses retouching yang tidak lebih dari lima menit ini. Pertama, download RealWorld Paint dari sini. Setelah di-download, ekstrak file zip-nya kemudian klik dua kali executable-nya. Setelah itu akan tampil jendela RealWorld Paint seperti dibawah ini.

RW Paint

RealWorld Paint Image Editor

Klik menu Open di sebelah kiri dan pilih foto yang akan di-edit. Setelah itu klik tombol Open di sudut kanan bawah. Maka foto yang kita pilih akan ditampilkan dan siap di-retouching.

RW Paint

Pilih foto yang akan di-retouching kemudian klik Open.

RW Paint

Foto yang dipilih sudah terbuka di RealWorld Paint.

Selanjutnya dari menu bar, klik menu Adjust kemudian klik submenu Vignetting Correction.

RW Paint

Vignetting Correction

Langkah selanjutnya adalah memilih menu Adjust > More adjustments > Contrast. Dari jendela Adjust Contrast, kita bisa menentukan tingkat kekontrasan foto dengan menggeser-geser slider ke tingkat yang diinginkan. Efek perubahan kontras akan langsung ditayangkan. Pilihlah tingkat kontras yang agak tinggi jika foto yang di-retouching terlihat suram. Saya sendiri memilih tingkat 120. Setelah itu klik tombol Ok.

RW Paint

Pilih tingkat kekontrasan foto dengan menggeser slider. Setelah itu klik Ok. Untuk membatalkan klik Cancel.

Setelah menentukan tingkat kekontrasan, langkah selanjutnya adalah dengan menerapkan filter Glow. Caranya dari menu bar pilih menu Effect > Glow. Tentukan glow radius dan intensity-nya di jendela Glow. Saya sendiri men-set nilai glow radius 10 dan intensity 15. Perubahan efek glow radius dan intensity akan langsung ditampilkan. Setelah itu klik Ok.

RW Paint

Tentukan nilai glow radius dan intensity pada jendela Glow. Setelah itu klik Ok. Klik Cancel untuk membatalkan efek.

Setelah diberi efek Glow, foto terlihat lebih tajam, terang tapi terasa lebih soft. Langkah terakhir adalah dengan menentukan tingkat hitam putih kelabu foto. Caranya adalah klik menu Adjust > Levels atau menekan tombol shortcut Ctrl+K. Tentukanlah tingkat Black Point, Gray Point dan White Point dengan cara menggeser kotak-kotak kecil di bidang warna untuk masing-masing tingkat. Hasilnya mengejutkan!

RW Paint

Tentukan tingkat Black Point, Gray Point dan White Point. Setelah hasil yang ditampilkan terlihat cocok dengan yang diinginkan, klik Ok. Klik Cancel jika ingin membatalkan operasi ini.

RW Paint

Hasil retouching setelah menentukan tingkat Black Point, Gray Point dan White Point.

Setelah gambar pratayang yang ditampilkan jendela Levels menampilkan foto seperti yang kita inginkan, kita bisa menekan tombol Ok. Selesai. Foto yang dihasilkan terlihat lebih menarik daripada foto aslinya. Kita bisa menyimpannya dengan mengklik menu File > Save as.

Loh, kenapa Save As, bukan Save saja? Biar foto yang asli tidak tertimpa foto yang sudah di-retouching. Nah, demikianlah tips retouching foto ini. Semoga berguna.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s