Pernah Jadi Korban ‘Tembak’ Bengkel Nakal?

Ilustrasi Bengkel

Ilustrasi Bengkel

Ada seorang member fanspage Komunitas Motor Box Indonesia membagikan foto struk transaksi perbaikan motornya dari sebuah bengkel di kawasan Cakung, Jakarta Utara. Dia mengeluhkan mahalnya harga servis pemasangan spare part. Tidak hanya itu, ternyata pemasangan spare part yang seharusnya dijadikan satu harga malah dibuat jadi terpisah-pisah dengan harga yang berbeda. Diantara member lain yang mengomentari kiriman fotonya itu ada yang bilang, “Parah, bongkar CVT sama ganti kampas ganda & v-belt beda ongkos… Amsyonggg.” Kalau dirinci, saya perhatikan jasa servis rutin yang biasanya dijadikan satu paket jika pengerjaannya di bengkel resmi, disana ternyata ditulis terpisah.

Biasanya hal seperti ini terjadi jika pelanggan bengkel bukan orang yang dikenal oleh pemilik atau montir bengkel yang bersangkutan. Bisa juga pelanggan tersebut terlihat ‘unyu-unyu’ alias polos ditambah sifat serakah si pengelola bengkel maka bisa terjadi kasus seperti ini. Apalagi jika melihat struk transaksi tersebut, ternyata bengkel umum. Bukan bengkel resmi yang biasanya berusaha menjaga kepercayaan pelanggan. Memang hal seperti ini jamak terjadi.

Oleh karena itu, jika suatu saat motor sobat mengalami masalah ada baiknya mengetahui part apa yang bermasalah. Cari tahu harganya berapa melalui internet. Diskusi dengan teman yang pernah mengalami pengalaman yang sama. Mengikuti forum-forum roda dua juga tidak ada salahnya. Setelah tahu, coba cek berapa ongkos perbaikan spare part yang dimaksud sekaligus jasa pemasangannya di bengkel terdekat.

Jika suatu saat motor sobat mengalami masalah di tempat yang asing, sebaiknya mencari bengkel yang memiliki jaringan yang luas. Selain bengkel resmi, ada juga bengkel umum yang memiliki jaringan luas seperti Castrol Bike Point, Mr. Montir dan Planet Ban (khusus ban). Atau ada baiknya sebelum lewat tempat tersebut, sobat mencari tahu jaringan bengkel yang tersedia di rute yang akan dilalui.

Dari pengalaman pribadi, jangankan harga spare part, harga oli pun bisa berbeda-beda jika membelinya di bengkel umum. Jangan sampai kena jebakan ‘batman’ bengkel nakal.

Foto struk transaksi dari bengkel yang dipermasalahkan tersebut: Klik

Posted from WordPress for BlackBerry.

Iklan

One thought on “Pernah Jadi Korban ‘Tembak’ Bengkel Nakal?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s