Enam Hal Ini Menandakan Anda Traveler Pemula

Traveler Pemula

Enam Hal Ini Menandakan Anda Traveler Pemula – Reader’s Digest Edisi Mei 2015

Gambar diatas adalah foto sebuah halaman majalah, Reader’s Digest edisi Mei 2015. Foto tersebut dibagikan oleh Arbain Rambey, fotografer senior Kompas, melalui lini masa Twitter @arbainrambey kemarin sore (23/05/2015). Isi halaman majalahnya cukup menarik untuk disimak. Kira-kira kita termasuk traveler pemula bukan, ya? Yuk, kita simak bersama.

Anda adalah traveler pemula, jika…

#1 Memotret Sayap Pesawat Terbang

“Wow! Ini penampakan awan dari ketinggian 30.000 kaki. Gemuk dan bergumpa-gumpal,” tutur Anda. Ketahuilah bahwa para traveler sering melihat hal serupa. Jadi, jangan mengumbar foto semacam itu, kecuali ada puncak Gunung Everest yang menyembul di sela-sela awan, atau pesawat UFO di sana.

#2 Mengunggah Foto “Temperatur Saat Ini”

Anda sedang di pantai, dan teman-teman Anda melihat posting Instagram yang menunjukan temperatur di lokasi Anda. Selamat! Itu tandanya Anda kurang kreativitas.

#3 Mengabadikan Kamar Hotel

Ya, kami tahu Anda menginap di hotel. Selamat.

#4 Mengambil Gambar dengan iPad

Tahukah Anda bahwa sebaik-baiknya kamera pada iPad, masih lebih bagus kamera saku? Alasannya: Lensa dan sensor digital pada kamera saku lebih besar. Itu akan berdampak besar pada hasil jepretan.

#5 Memotret Setiap Makanan

Kami akan bingung. Apakah Anda ahli nutrisi, fotografer kuliner, kritikus restoran, atau Anda hanya tak bisa menahan selera makan.

#6 Selfie

Kami senang melihat pemandangan indah, atau hal-hal lain terkait budaya suatu daerah. Tetapi tolong, jangan perlihatkan foto close-up wajah Anda, ketika sedang berada di Nepal atau foto kaki Anda ketika bersantai di Pantai Bondi.

Sebenarnya tulisan yang lebih lengkap juga bisa dibaca di laman readersdigest.co.id. Pada laman tersebut terdapat delapan point yang menandakan seorang traveler pemula. Mungkin karena terkait tata letak (layout) dan keterbatasan halaman, maka pada versi cetaknya hanya ada enam.

Terus terang, ada hal yang saya anggap bertentangan dengan pandangan saya pribadi. Misalnya, jika kita menginap di sebuah hotel dan kita ingin mendeskripsikan tentang layanan hotel, fasilitas, suasana dan kebersihan hotel. Tentunya akan lebih baik jika kita menyertakan foto tentang hotel tersebut. Walau tidak semua sudut hotel, minimal ada satu dua foto yang mewakili. Terlebih lagi jika hotel tersebut berlokasi di tempat yang tidak terkenal, atau sebuah hotel yang belum lama berdiri. Tentunya akan membantu traveler lain yang belum pernah singgah di tempat tersebut.

Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda yang senang jalan-jalan. Semoga suatu saat kita semua bisa membuat essai foto yang keren atau kisah-kisah perjalanan yang hebat, seperti Ibnu Battutah atau Marco Polo. Karena foto traveling bukan cuma untuk dibagikan di media sosial. Iya nggak bro… 😀

Iklan

2 thoughts on “Enam Hal Ini Menandakan Anda Traveler Pemula

    • Dosen saya juga pernah memarkan foto-foto awan yang menarik waktu ke luar. Kalau menurut saya sih nggak apa-apa memotret sesuatu yang menarik perhatian. Bukan berarti pemula,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s