Motor Terbakar di Jalan Karadenan

Motor Terbakar

Pengendara sepeda motor dibantu dua orang warga menyiram sepeda motornya yang terbakar di jalan raya Karadenan, Senin (25/05/2015).

Kemarin siang Senin, 25/05/2015 saat melintas di jalan raya Karadenan dari kejauhan saya lihat orang-orang berkerumun dan banyak sepeda motor menepi. Saat mendekat terlihat bumbungan asap dan kobaran api dari sebuah sepeda motor yang terbakar. Saya pun akhirnya ikut menepi beberapa meter di depan sepeda motor yang terbakar tersebut bersama pengguna jalan lain yang juga menyaksikan kejadian tersebut. Saya perhatikan rata-rata mereka mengenakan seragam SMK, terlihat dari warna dan badge di bajunya. Ternyata sepeda motor tersebut milik seorang siswa salah satu SMK swasta di jalan Karadenan, Kabupaten Bogor, dan rombongan yang berkumpul tersebut adalah teman-temannya.

Dari seloroh seorang pengguna jalan yang ikut menyaksikan kejadian tersebut saya dengar bahwa sepeda motor tersebut mengeluarkan api dari karburator saat mengebut. Sambil menyaksikan kejadian tersebut, mereka memberhentikan teman-teman mereka yang masih melintas. Dibantu oleh dua orang warga yang ada di pinggir jalan, kobaran api yang membakar sepeda motor tersebut berusaha dipadamkan dengan menyiram air. “Tuh, di sono ada bengkel. Mendingan nanti motornya dibawa dulu ke bengkel,” ujar bapak tua yang membantu menyiramkan air.

Kejadian motor terbakar ini adalah yang kedua kali saya lihat di jalan raya Karadenan. Kemungkinan penyebabnya adalah saluran bensin dari tangki ke karburator yang bocor kemudian terpercik ke mesin yang panas atau mengenai sambungan kabel yang terbuka. Atau yang paling sering dilakukan adalah tidak memasang karet selang pembuangan bensin yang seharusnya terpasang di mangkuk karburator. Saat karburator kebanjiran bensin tidak ada saluran yang aman untuk mengalirkannya langsung ke bawah. Sehingga bisa jadi bensinnya mengenai komponen-komponen mesin yang lain yang dapat menimbulkan api.

Untuk sobat yang sepeda motornya terbakar kemarin, saya ikut prihatin dengan kejadian yang menimpa saudara. Kejadian ini juga pelajaran untuk kita semua agar lebih berhati-hati dengan mesin sepeda motor dan cara kita mengendarai sepeda motor. Semoga bermanfaat.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s