Sedikit Tips Bagi Pemudik

Pemudik

Pemudik mengangkut barang-barang setelah turun dari bus AKAP.

Lebaran sebentar lagi, semoga tulisan ini tidak terlambat 🙂 .

Yup, mendekati hari raya Idul Fitri masyarakat di Indonesia, khususnya di pulau Jawa, dan lebih khusus lagi di wilayah Ibu Kota dan sekitarnya, biasanya akan disibukan oleh kegiatan mudik (mulih ke udik). Para perantau ataupun warga yang lama menetap di Ibu Kota dan sekitarnya selalu berusaha menjalin silahturahmi dengan keluarga di kampung halamannya saat momen lebaran. Tidak hanya pemudik itu sendiri, operator telekomunikasi dan dinas perhubungan serta penyedia jasa transportasi pun ikut dibuat sibuk oleh tradisi ini 🙂 .

Oleh karena itu, berikut ini ada sedikit tips yang mungkin bermanfaat bagi sobat yang akan mudik.

  1. Pesan tiket/karcis kendaraan jauh-jauh hari (semoga sobat semua sudah melakukannya 🙂 ). Kalau perlu tiket/karcis pulang dibeli sekaligus, jangan cuma one way ticket. Pengalaman yang saya alami, biasanya tiket bus atau KA akan sulit didapatkan pada saat arus balik terjadi, dan mungkin harganya jadi lebih mahal.
  2. Bagi pemudik yang menggunakan sepeda motor (saya tidak menyarankan, kecuali jarak mudik sobat antara Karawang dan Bekasi bukan antara Jakarta dan Penang 🙂 ) jangan membawa beban dan penumpang berlebih. Maksimal penumpang dua orang. Ibu hamil sebaiknya jangan ikut mudik naik motor, karena itu berarti tiga orang 🙂 .
  3. Kalau ada rombongan mudik yang sejalur, sebaiknya mudik bersama-sama. Hal ini akan membuat perjalanan sobat jadi lebih aman jika mudik dengan sepeda motor.
  4. Tak ada salahnya menggunakan roof rack jika sobat menggunakan mobil pribadi. Tapi perhatikan ketinggian kendaraan. Jangan sampai tidak bisa lewat gerbang tol 🙂 .
  5. Bagi yang menggunakan transportasi umum sebaiknya tidak menggunakan perhiasan berlebih. Ini pengalaman seorang teman yang pernah dihipnotis dalam bus AKAP.
  6. Sebaiknya tidak membawa barang-barang terlalu banyak. Bawalah barang bawaan dan buah tangan seperlunya, jika dirasa kurang belilah di tempat tujuan 🙂 .
  7. Bawalah selalu barang berharga dan jangan meninggalkannya di kendaraan saat sobat terpaksa turun dari kendaraan (baik kendaraan umum atau pribadi).
  8. Siapkan gadget, power bank, dan pilih operator telekomunikasi yang handal. Pastinya sobat ingin berbagi kabar dan mengikuti informasi terbaru melalui jejaring sosial, toh 🙂 .
  9. Siapkan stamina fisik dan mental, antisipasi kemacetan yang menguras tenaga, kesabaran dan biasanya bikin stres.
  10. Siapkan uang receh, just in case we need to go to a public rest room 😀 . Atau siapa tahu banyak preman yang menyamar sebagai pengamen dalam bus yang sobat tumpangi.

Itulah sedikit tips yang bisa saya bagikan dari pengalaman saya, teman-teman dan keluarga. Semoga bermanfaat. Have a safe mudik, bro 🙂 .

Iklan

2 thoughts on “Sedikit Tips Bagi Pemudik

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s