Selamat Idul Fitri 1 Syawal 1436 H

Kartu Ucapan Selamat Idul Fitri

Selamat Idul Fitri 1 Syawal 1436 Hijriah

Saya masih ingat khutbah khatib sholat Ied 1 Syawal 1435 H, setahun yang lalu. Beliau mengatakan bahwa budaya umat Islam di Indonesia ini memang agak unik. Dalam ceramahnya beliau menjelaskan bahwa budaya halal bi halal atau saling bermaafan saat hari raya Idul Fitri adalah budaya yang khas Indonesia, cuma ada di negara kita saja.

Selain itu, makna ungkapan “minal aidzin wal faidzin” pun mulai terdistorsi. Sebagian umat memaknainya sebagai “mohon maaf lahir & batin”. Tak heran jika dalam berbagai publikasi (kartu ucapan, banner, iklan, dsb) kedua frasa tersebut biasanya berdampingan. Padahal, frasa “minal aidzin wal faidzin” sebenarnya diambil dari  ”Ja alanallahu wa iyyakum minal aidzin wal faidzin” yang artinya “semoga Allah menjadikan kami dan anda sebagai orang-orang yang kembali dan beruntung”. Tidak ada sama sekali hubungannya dengan bermaafan.

Tapi…

Beliau juga berpesan bahwa budaya yang baik dan luhur sebaiknya tetap dijaga. Oleh karena itu, memanfaatkan momen hari raya tersebut, umat Islam agar tetap menjaga silaturahmi dengan sesamanya.

Melalui tulisan ini pula saya, selaku punggawa blog ini, ingin mengucapkan mohon maaf lahir dan batin. Tidak bisa disangkal interaksi di dunia maya atau di dunia nyata itu seperti roda kendaraan dan aspal. Kadang ada kerikil-kerikil tajam, paku atau serpihan kaca dan besi yang merusak roda kendaraan kita.

Selamat Idul Fitri. Semoga Allah menjadikan kami dan anda sebagai orang-orang yang kembali dan beruntung.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s