Pelajaran Akhlak untuk Group Riding

Karavan

Gambar hanya untuk ilustrasi saja.

Ramadhan, tahun 8 Hijriyah.

Syahdan saat itu tujuh ratus orang kaum Muhajirin berbaris membawa 300 ekor kuda disertai kaum Anshar yang menyertakan empat ribu pasukan dengan 500 ekor kuda. Bantuan dari berbagai suku sekutu mencapai 10 ribu pasukan. Para prajurit penunggang unta bergerak cekatan, mengiringi para prajurit berkuda. Bendera-bendera suku berkibaran menambah keperwiraan barisan prajurit tersebut.

Di Qudayd, Bani Sulaym yang berkekuatan 900 tentara berkuda menggabungkan diri mereka dengan pasukan tersebut. Sebuah barisan pasukan yang sangat panjang yang pernah bergerak dari Madinah untuk suatu misi teramat penting dalam sejarah umat Islam.

Di tengah-tengah kesibukan para prajurit tersebut, terlihat seseorang bertingkah aneh.

“Ju’ail, apa yang kau lakukan? Mengapa kau berpisah dari pasukanmu?”

Orang yang dipanggil Ju’ail tersebut menunjuk ke bawah kakinya kemudian berkata, “Rasulullah melihat anjing itu berbaring menyusui anak-anaknya yang baru lahir. Beliau khawatir gelombang pasukan akan membahayakan keselamatan mereka. Rasulullah menyuruhku melindungi mereka.”

Maha suci Allah. Dengan kekuatan pasukan yang dipimpinnya, Rasulullah SAW tidak memandang remeh hal-hal kecil sekalipun. Padahal pada peristiwa yang kelak dikenang sebagai Fathul Makkah tersebut, beliau SAW bisa dengan mudah menggunakan kekuatannya untuk menindas apapun atau siapapun. Apalagi hanya beberapa ekor anjing. Namun bukan itu yang beliau lakukan. Beliau tetap menjaga hak-hak mereka untuk hidup. Sungguh akhlak yang sangat mulia yang beliau ajarkan pada kita semua.

***

Hanya untuk mengingatkan diri saya pribadi. Semoga juga berguna bagi sobat semua.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s