Mari Tetap Ber-SNI

HJC and Cargloss Helmet

Walau pemerintah telah menghapuskan rekomendasi wajib SNI bagi ban dan helm melalui Peraturan Menteri Perdagangan No. 85/M-DAG/PER/10/2015 seperti diberitakan oleh dapurpacu.com di sini, tetapi marilah kita tetap menggunakan produk (helm dan ban) yang memang sudah bersertifikasi dan terbukti aman.

Mungkin salah satu dampak buruk dari dihapuskannya peraturan tersebut adalah akan maraknya produk ‘abal-abal’ yang beredar di pasaran. Dengan daya beli masyarakat yang menurun akan makin marak produk-produk yang tidak bersertifikasi dan terbukti aman beredar di pasaran. Saya yang sering memperhatikan produk-produk helm ‘abal-abal’ tersebut dijual di pinggir jalan, Pasar Minggu misalnya. Di pinggir jalan tersebut banyak saya jumpai helm-helm murahan dijajakan di pinggir jalan.

Lah, kalau saat masih ada kewajiban sertifikasi dan mencantumkan logo SNI di helm saja masih banyak produk ‘abal-abal’ beredar, bagaimana nanti saat ketentuan wajib SNI tersebut dihapuskan?

Jadi, marilah dengan kesadaran bahwa melindungi dan menghargai diri sendiri adalah kebutuhan kita bersama kita tetap menggunakan helm dan ban yang sudah bersertifikasi. Pengendara motor wajib berhelm! Dan bukan cuma asal helm, harus helm yang bersertifikasi, misalnya SNI, DOT, ECE, dll. Ban juga demikian. Harus yang bersertifikasi!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s