DNS Unlocker: Very Annoying!

ads-dns-unlocker

Halaman website dengan tampilan iklan/ads DNSUnlocker yang berhasil di blok oleh Pemblokir Iklan Baidu Antivirus.

Berselancar di Internet tidak selamanya nyaman dan aman. Ada saja beberapa halaman web yang jika dibuka ternyata menyisipkan script-script atau kode program jahat (malicious code). Seperti yang saya dan teman-teman alami di kantor beberapa hari ini. Salah satu bentuk gangguan yang kami alami adalah muncul iklan/ads pada halaman web yang ternyata merupakan kode jahat yang dibawa oleh sebuah malware bernama DNSUnlocker.

DNSUnlocker ini ternyata tidak hanya menampilkan iklan, tetapi juga memaksa untuk menginstal program-program lain yang tidak diinginkan tanpa sepengetahuan kita. Setelah program-program tersebut terinstal, maka browser yang kita gunakan akan diambil alih, misalnya search engine dan beranda web browser akan diubah. Walaupun default search engine pada web browser kita ganti secara manual kembali ke search engine pilihan kita pada pengaturan web browser, namun hal tersebut tetap tidak berhasil. Ketika mengetikan kata kunci kemudian kita tekan Enter, maka search engine yang digunakan adalah search engine ‘ilegal’. Sangat menyebalkan!

Akhirnya saya berusaha mengatasi hal tersebut menggunakan Baidu PC Faster. Berdasarkan pengalaman menggunakan program tersebut pada netbook pribadi, ternyata cukup efektif. Tidak cukup PC Faster saja, saya juga menginstal Baidu Antivirus 2015.

Mengapa Baidu PC Faster?

Pada Baidu PC Faster ada fitur yang memberitahukan kita jika suatu program terinstal tanpa sepengetahuan kita. Jadi, jika ada program jahat yang menginstal dirinya tanpa izin kita, kita bisa uninstal program tersebut hingga bersih sampai ke junk file-nya. Selain itu pada Baidu Antivirus ternyata ada fitur yang sangat berguna, yaitu: Pemblokir Iklan, Firewall Lalu Lintas dan Penghancur File.

Tools pada Baidu Antivirus

Tools pada Baidu Antivrus 2015. Sangat berguna untuk menangkal malware.

Dengan Firewall Lalu Lintas, kita bisa melihat program apa saja yang berjalan pada network yang terhubung dengan komputer kita. Jika program tersebut sedikit aneh, maka akses ke network bisa kita blok, atau kita bisa non-aktifkan programnya dan jika kurang puas, kita bisa buka folder tempat program tersebut disimpan lalu hapus file programnya. Browsing web pun jadi nyaman dengan Pemblokir Iklan. Jika tool ini sudah ditambahkan pada Baidu Antivirus, maka akan ada ikon Baidu Antivirus pada address bar web browser yang kita gunakan. Cukup berguna untuk menangkal DNSUnlocker.

Sedangkan fitur lain yang sering saya gunakan adalah Penghancur File. Jika ada file program (atau file virus) yang sulit dihapus, maka cukup jalankan fitur ini lalu seret (drag and drop) folder atau file virus tersebut dan klik Hancurkan Sekarang. File/folder tersebut akan dihapus. Kombinasi fitur yang sangat berguna, oleh karena itu saya menginstal dua program ini (PC Faster dan Antivirus 2015) di PC yang saya gunakan di kantor.

Semoga tulisan ini bermanfaat.

Iklan

2 thoughts on “DNS Unlocker: Very Annoying!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s