Teliti Berlangganan Toner Printer

Petunjuk Menentukan Jenis Toner Printer HP LaserJet

Petunjuk Menentukan Jenis Toner Printer HP LaserJet

Beberapa hari yang lalu ada sebuah vendor spesialis refill dan remanufaktur toner/catridge printer berkunjung melakukan presentasi di kantor saya. Kebetulan kantor sebelumnya memang sudah berlangganan refill toner di salah satu vendor terkemuka.

Berlangganan toner pada dasarnya seperti kalau kita ingin membeli gas elpiji. Kalau ingin membeli gasnya, kita tentu harus sudah memiliki tabung gasnya dulu. Resikonya adalah saat tabung gas yang kita miliki kualitasnya bagus kemudian saat membeli gas tabung yang kosong tersebut kita serahkan kepada penjual untuk ditukar dengan tabung yang penuh berisi gas kita tidak tahu kualitas tabung tersebut. Bisa saja kualitasnya sama baik dengan tabung sebelumnya, bisa juga lebih jelek kondisinya daripada tabung milik kita sebelumnya. Begitu juga dengan toner printer.

Nah, jeleknya adalah tidak semua vendor refill atau remanufaktur toner/catridge mau menjelaskan mengenai produknya secara jujur.

Sebelumnya saya jelaskan terlebih dahulu mengenai toner printer HP LaserJet karena kantor menggunakan tipe printer tersebut. Dari segi ukuran ada dua jenis toner, yaitu ukuran Standard dan Introductory. Jika toner ukuran Standard mampu mencetak kira-kira hingga 1500 halaman, maka toner ukuran Introductory hanya mampu mencetak kira-kira 700 s.d 800 halaman. Kemudian dari segi orisinalitas ada dua jenis tipe toner, yaitu Original/Genuine dan Compatible. Toner kualitas Genuine adalah toner yang dibuat oleh produsen printer itu sendiri, dalam hal ini Hewlett-Packard (HP). Sedangkan toner kualitas Compatible adalah toner buatan pabrik lain yang dimaksudkan sebagai alternatif dari toner Genuine.

Harga toner Compatible lebih murah daripada yang Genuine. Tetapi material toner Compatible lebih tipis, jika tidak mau disebut ringkih. Nah, toner-toner kualitas Compatible ini sebenarnya tidak layak refill karena materialnya tidak bagus. Vendor yang presentasi di kantor kemarin menolak tawaran untuk me-refill toner kualitas Compatible.

Berdasarkan ukuran dan kualitas material, maka di lingkungan vendor sendiri beredar toner HP LaserJet Genuine Introductory, Genuine Standard dan Compatible Standard. Tentunya kita tidak mau jika membeli toner ukuran Standard tetapi vendor men-deliver toner ukuran Introductory. Atau jika saat vendor datang menjemput toner, kita menyerahkan toner kualitas Genuine tetapi yang dikirimkan kembali pada kita ternyata toner kualitas Compatible. Rugi, dong!

Vendor yang baik tidak akan berlaku tipu-tipu seperti itu pada pelanggan setianya. Nah, sebagai pelanggan pun kita harus cermat. Dengan merujuk pada gambar, berikut ini cara membedakan toner kualitas Genuine dengan Compatible dan ukuran Standard dengan Introductory:

  1. Toner kualitas Genuine memiliki pegas (per) yang tidak terlalu renggang di dekat PCB yang ditempelkan di toner. Sedangkan toner Compatible biasanya memiliki pegas yang renggang.
  2. Dilihat dari fisik, toner ukuran Standard memiliki sisi plastik mencuat di pinggir kemasan yang sempit. Hal ini dikarenakan drum/tabung toner menampung lebih banyak isi serbuk toner. Sedangkan toner ukuran Introductory memiliki sisi plastik mencuat yang lebih lebar karena ukuran drum/tabungnya lebih kecil, otomatis isi serbuk tonernya lebih sedikit.
  3. Untuk menjamin keaslian toner, pada toner-toner HP LaserJet selalu ada nomor seri yang dicetak emboss pada plastik toner. Selain itu, pada sisi lain toner tercetak juga negara tempat toner dibuat. Misalnya, Product of Japan atau Product of Vietnam. Toner kualitas Compatible tidak memiliki baik nomor seri maupun negara pembuat yang tercetak di plastiknya.

Nah, semoga tulisan ini dapat membantu sobat dalam menilai kualitas produk ataupun layanan yang ditawarkan oleh vendor refill atau remanufaktur toner printer. Jangan sampai tertipu.

Semoga bermanfaat. Selamat berakhir pekan dan salam hangat dari kota hujan.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s