Bahaya Sampah Air Minum Dalam Kemasan di Jalan Raya

Kamis sore 22 Desember 2016, saat melaju dari arah stasiun Tanjung Barat menuju stasiun Lenteng Agung hampir saja nahas menimpa saya. Di tengah kemacetan lalu lintas dalam posisi stop-and-go, tiba-tiba tanpa saya sadari sesuatu mengganjal ban depan sepeda motor saya. Saya coba gas tetapi ban depan melaju seperti terseret (slip), bukannya berputar normal. Masya Allah, hampir saja terjatuh di tengah kemacetan jika kaki saya tidak menyangga beban sepeda motor.

Berhenti, coba melihat apa yang mengganjal ban. Ternyata sebuah botol air minum dalam kemasan yang dibuang sembarangan terlindas ban depan sepeda motor saya. Sebagian botol sudah gepeng terlindas tetapi leher botol yang masih tertutup tetap mengganjal roda dengan aspal. Masih dalam posisi berkendara, saya coba meminggirkan botol tersebut dengan kaki. Tidak urung pengendara roda empat dan roda dua lain di belakang saya yang tidak sabar membunyikan klakson.

Sebuah pelajaran bagi kita semua. Betapa berbahayanya membuang sampah di tengah jalan raya. Apalagi sampah sebesar botol air minum dalam kemasan. Karena dapat menjadi friksi dan membahayakan pengguna jalan raya yang melintas. Oleh karena itu, jika terpaksa membuang sampah, menepilah dan buang sampah pada tempatnya. Atau simpan dahulu di kendaraan Anda.

Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

