Disonansi Kognitif

Teori Disonansi Kognitif

Teori disonansi kognitif atau cognitive dissonance theory adalah teori yang menjelaskan mengenai ketegangan psikologis yang timbul ketika keyakinan, nilai, sikap atau perilaku seseorang bertentangan. Disonansi kognitif juga bisa terjadi ketika ada informasi baru yang tidak sesuai dengan kepercayaan yang diyakini selama ini. Agar lebih mudah dipahami, disonansi kognitif bisa kita sebut dengan konflik batin. Disonansi kognitif termasuk salah satu teori yang paling berpengaruh dalam psikologi sosial. Teori ini dicetuskan oleh Leon Festinger pada 1957. Menurut teori disonansi kognitif, kita selalu mencari konsistensi antara keyakinan, nilai dan sikap atau perilaku. Ketika terjadi ketidaksesuaian, individu akan merasa tidak nyaman dan mencari cara untuk mengurangi ketegangan psikologis tersebut.

Contoh populer teori disonansi kognitif adalah masalah efek negatif merokok. Ketika seseorang merokok padahal ia mengetahui efek negatif dari merokok ada dua cara untuk mengurangi ketegangan psikologis atau konflik batin yang muncul dalam dirinya. Cara pertama adalah ia berusaha mengurangi konsumsi rokok hingga berhenti merokok. Cara kedua adalah ia mengabaikan atau menafikan semua informasi tentang efek negatif merokok atau menganggap bahwa resiko merokok dapat dikompensasi dengan gaya hidup sehat yang lain.

Nah, sekarang ada fenomena yang sedang ramai terjadi di Indonesia. Ada satu merk  produk mengalami masalah hingga menimbulkan korban di kalangan penggunanya. Tapi para fansboy produk tersebut mengatakan kalau berita-berita yang viral di media sosial dan media massa adalah hoax. Padahal sudah banyak pengguna yang memotret, memvideokan dan mengunggahnya sebagai bukti kelemahan produk tersebut. Walau demikian, fansboy produk tersebut tetap menolak fakta tersebut dan tetap memuja produk tersebut. Apakah mereka mengalami disonansi kognitif? Wallahualam bishawab.

Referensi:

  1. Alodokter, Seputar Disonansi Kognitif, Ketika Keyakinan dan Perbuatan Tidak Selaras
  2. Departemen Ilmu Komunikasi Universitas Hasanuddin, Apa Itu Teori Disonansi Kognitif? — Sejarah dan Penerapannya dalam Ilmu Komunikasi
  3. Hellosehat, Disonansi Kognitif, Saat Perilaku dan Keyakinan Tak Sejalan

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.