Ganti Warna Backlit Layar Laptop Dengan Scotchlite

Mengganti warna backlit layar laptop/notebook/netbook dengan scotchlite.

Bosan dengan warna laptop/notebook/netbook yang begitu-begitu saja? Yuk, coba kita ganti warna backlit layarnya dengan scotchlite.

Alat dan Bahan

  1. Scotchlite dengan warna kesukaan sobat. Pakai yang bercorak juga lebih keren tapi harganya lebih mahal. Saya sendiri menggunakan scotchlite polos. Saat beli ukuran setengah meter harganya enam ribu rupiah. Sebagai informasi, scotchlite ukuran setengah meter bisa digunakan untuk layar 14 inci.
  2. Gunting, untuk memotong scotchlitenya.
  3. Penggaris/mistar untuk mengukur panjang/lebar scotchlite.
  4. Alat tulis (pensil atau pulpen) untuk menandai scotchlite sebelum digunting.
  5. Pengering rambut (hair dryer), ini sifatnya opsional. Gunanya agar scotchlite melekat erat saat ditempel.
  6. Korek api (pemantik) gas, untuk melekatkan dan meratakan sudut-sudut scotchlite yang menempel di sudut layar yang bentuknya melengkung.
  7. Silet, bukan cutter atau pisau cukur 🙂 . Dengan silet sisa scotchlite di pinggir layar bisa lebih mudah dipotong karena lebih presisi daripada gunting atau cutter. Silet lebih tipis dan tajam.

Cara Kerja

1.  Ukur panjang dan lebar layar laptop dan scotchlite dengan penggaris/mistar.

Ukur layar laptop dan scotchlite dengan penggaris/mistar.

Ukur layar laptop dan scotchlite dengan penggaris/mistar. Sebagai contoh panjang layar netbook saya adalah 26,5 cm dan lebarnya 18,5 cm. Maka saya menandai bagian belakang scotchlite dengan bantuan penggaris dan pulpen seukuran 27,5 cm x 19,5 cm. Saya lebihkan 1 cm karena bagian belakang layar netbook tidak datar, tapi melengkung. Agar memudahkan juga saat menempelkan scotchlite-nya nanti.

2. Potong scotchlite dengan gunting sesuai ukuran panjang dan lebar yang sudah dibuat.

Potong scotchlite dengan gunting.

Potong scotchlite dengan gunting sesuai ukuran panjang dan lebar yang sudah dibuat dengan penggaris dan pulpen.

2. Tempel scotchlite secara memanjang sedikit demi sedikit

Lepaskan bagian scotchlite yang lengket dengan kertas pelindungnya kemudian tempelkan secara memanjang sedikit demi sedikit. Jangan melepas kertas pelindungnya secara keseluruhan sebelum scotchlite menempel di backlit belakang layar. Sambil menempel, ratakan dengan menekan bagian yang menempel agar jangan sampai ada gelembung-gelembung udara yang tersisa.

3. Rekatkan seluruh bagian scotchlite dengan bantuan pengering rambut (hair dryer)

Rekatkan scotchlite dengan bantuan hairdryer.

Setelah seluruh permukaan backlit layar tertutupi dengan scotchlite, maka sobat bisa merekatkannya dengan bantuan pengering rambut. Langkah ini berguna untuk meratakan gelembung udara yang biasanya timbul saat scotchlite sudah menempel. Tekan bagian gelembung dengan gagang gunting atau tangan sambil memanasinya dengan pengering rambut. Jika gelembung tidak hilang, maka buatlah sayatan kecil ditengah gelembung udara dengan silet agar udaranya hilang kemudian panasi dan ratakan kembali.

4. Potong sisa scotchlite yang ada ditepi layar dengan bantuan silet

Masih ada sisa scotchlite dipinggir backlit layar.

Masih ada sisa scotchlite dipinggir backlit layar.

Potong sisa scotchlite dipinggir layar dengan bantuan silet.

Potong sisa scotchlite dipinggir layar dengan bantuan silet. Silet memudahkan saat memotong scotchlite dipinggir layar yang melengkung. Sisa scotchlite yang sulit diratakan pada sudut yang melengkung bisa direkatkan dengan bantuan api dari pemantik gas. Jangan kelamaan memanaskannya dengan pemantik karena akan membuat scotchlite mengkerut, meleleh dan bisa menyebabkan laptop sobat terbakar 😀 .

Selesai… 😀

Hasilnya bisa sobat lihat seperti pada gambar pertama diatas. Jangan ragu untuk mencoba. Laptop/notebook/netbook siap menemani kita kembali bekerja dengan nuansa yang sedikit berbeda. Kalau bosan menggunakan barang yang “itu-itu melulu”, dengan sedikit eksperimen kita bisa mengubah nuansanya. Tahun baru tidak harus beli barang yang baru, cukup nuansanya yang diperbarui 🙂 .

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s