Taman Heulang: RTH Nyaman Untuk Gowes, Jogging dan Kongkow

Taman Heulang

Rombongan pesepeda dari luar Bogor mengunjungi Taman Heulang.

Sobat berencana city ride (bersepeda) di Kota Bogor? Jika ya, maka jangan lupa memasukan kawasan Ruang Terbuka Hijau (RTH) yang satu ini dalam itinerary sobat. RTH ini letaknya tidak jauh dan sangat mudah diakses dari pusat kota Bogor. Namanya Taman Heulang.

Jika sobat mengunjungi Kota Bogor dengan menggabungkan moda transportasi Commuter Line dan sepeda lipat, maka Taman Heulang bisa diakses melewati Jalan Ir. H. Juanda dan Jalan Pemuda. Rutenya melewati Istana Bogor, Rumah Sakit Salak, Jalan Jenderal Sudirman, Museum PETA, Pusat Pendidikan Zeni, Bundaran Air Mancur lalu lurus melewati Jalan Pemuda dan GOR Pajajaran, lurus lagi melewati SMP Negeri 12. Dari SMP Negeri 12 lurus melewati Jalan Dadali kemudian berbelok ke kanan menuju Jalan Heulang setelah melewati SMP Negeri 5 dan KPP Pajak. Letaknya berseberangan dengan SMK Negeri 1 Bogor.

Jika sobat berkunjung melewati tol Jagorawi dan menjadikan Bogor Botani Square sebagai titik kumpul setelah exit tol Baranangsiang, maka sobat harus melewati Jalan Otista, menanjak menuju pintu Kebun Raya Bogor (KRB) kemudian berbelok menuju Jalan Ir. H. Juanda di putaran depan Bogor Trade Mall (BTM). Selanjutnya menyusuri KRB, melewati Kantor Pos, Gereja Zebaoth, Hotel Salak The Heritage, kemudian berbelok ke kiri di depan Istana Bogor menuju Jalan Jenderal Sudirman. Rute selanjutnya sama seperti rute pertama.

Taman Heulang

Parkir kendaraan di Taman Heulang.

Taman Heulang pada awalnya adalah sebuah lapangan luas. Kerap digunakan oleh warga dan civitas akademik disekitarnya untuk praktikum olahraga. Dulu sering saya lihat warga bermain sepak bola dan berlatih olahraga bela diri disana. Udaranya cukup sejuk karena dikelilingi pepohonan rimbun dan dekat dengan hutan kota Ahmad Yani yang ramah burung. Jika dulu hanya ada lapangan rumput saja, maka sekarang kondisinya sudah jauh berubah.

Taman Heulang

Parkir khusus sepeda di Taman Heulang dan beberapa gazebo buat pengunjung nyaman. Lihat fixie diujung kanan itu.

Sekeliling Taman Heulang ada jogging track, di beberapa titik ada tempat parkir kendaraan. Disabilitas pun bisa beraktivitas disana karena ada jalan yang disediakan khusus. Ditengah taman ada beberapa gazebo dan tempat duduk sehingga kita bisa asyik mengobrol atau diskusi. Paving conblock menutup permukaan jalannya dan dicat dengan pola yang menarik. Disudut taman, bisa sobat temukan parkir khusus sepeda. Jadi, jika sepeda sobat tidak memiliki standar samping, maka cukup aman meletakannya di tempar parkir.

Taman Heulang

“Woi!!! Selfie-selfie melulu loe! Sini loe gue fotoin,” begitu teriak seorang kawan lama menghampiri saya membuat saya menahan tawa. 😀

Disekeliling taman juga ada penjual jajanan dan camilan dengan gerobak mereka. Yup, karena letaknya dekat dengan sekolah, maka tentunya harga jajanan menyesuaikan dengan kocek anak sekolah. Tidak heran banyak anak-anak muda berkumpul disini. Oh iya, selain kawasan sekitar Tugu Kujang (gedung pasca sarjana IPB, Botani Square dan pinggiran KRB Jalan Pajajaran), Taman Heulang adalah spot favorit komunitas fixie. Bogor Fixed Faction (BFF), begitu mereka menyebut diri mereka, kerap berkumpul disini. Jadi, jika sobat berkunjung kesini, sobat bisa bertemu dengan anak-anak muda tangguh dan kencang diatas sepeda fixie mereka.

Bagi sobat yang mau tau lebih jauh BFF, bisa lihat dari video berikut ini.

Nah, ini sedikit galeri pesepeda dari luar Kota Bogor yang menyempatkan diri mampir di Taman Heulang. Wilujeng sumping, selamat datang di Kota Bogor.

Keep practice and stay sharp!

Keep practice and stay sharp! Kalau ini di Katulampa, dari Katulampa lanjut meluncur ke Taman Heulang.

Selamat berakhir pekan. Isi akhir pekan sobat dengan hal-hal yang bermanfaat.

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.